Provinsi Kaltim

Kembangkan Perpustakaan, DKP Paser Gandeng Pihak Ketiga

37
×

Kembangkan Perpustakaan, DKP Paser Gandeng Pihak Ketiga

Share this article
Kepala DKP Paser Yusuf Sumako

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Bupati Paser dr Fahmi Fadli  menginstruksikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Paser Yusuf Sumako untuk mengembalikan citra perpustakaan sebagai tempat pelajar dan mahasiswa dalam mencari referensi berbagai bidang keilmuan. Tantangan utama, kepala dinas, kata Fahmi,  yakni meningkatkan minat baca di Kabupaten Paser yang saat ini menurun seiring dengan semakin canggihnya teknologi.

“Banyak orang lebih suka membaca secara online dari pada membaca buku. Untuk itu saudara diharapkan bisa melakukan inovasi dalam mengatasi masalah ini,” kata Bupati Paser, Fahmi Fadli belum lama ini.
Menindaklanjuti instruksi tersebut, Kepala DKP Paser, Yusuf Sumako bakal mendirikan Cafee Library untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Dan juga akan membuat aplikasi E-book dan E-perpus. Ia juga memastikan dalam terobosan yang ia gagas tak mengandalkan anggaran dari pemerintah daerah. Yusuf bakal menggandeng pihak ketiga.
“Harus ada aplikasi E-Book, E- Perpus dan lain-lain Inovasi ini  untuk memancing mereka membaca.  Yang jelas terobosan yang saya gagas ini, tanpa duitnya APBD.  Tapi  Insya Allah mengharapkan bantuan pihak ketiga,” jelas dia. Dikatakan dia, untuk mempercepat terobosan yang ia lakukan saat ini. Ia berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kaltim.
“Alhamdulillah kami diterima oleh Kadisperpus Provinsi,  lengkap dengan Sekretaris dan Kabid-kabidnya. Sangat besar manfaatnya pertemuan ini untuk kemajuan Dikpus Kabupaten Paser kedepan,” kata Yusuf Sumako. Pertemuan tersebut, dikatakan Yusuf, untuk menjajaki semua pihak yang dapat melakukan kerjasama untuk pengembangan Perpustakaan di Paser.
“Kami menjajaki. Agar nanti ada MoU dengan pihak ketiga untuk pengembangan Perpustakaan,”ujarnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *