DISKOMINFO KALTIM

Kendalikan Inflasi, Pemprov Gelar Operasi Pasar di PPU dan Paser  

38
×

Kendalikan Inflasi, Pemprov Gelar Operasi Pasar di PPU dan Paser  

Share this article
Pemprov Kaltim dan Pemkab PPU saat menggelar operasi pasar murah di Kelurahan Penajam

PENAJAM,suarabalikpapan.com Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, Pemprov Kaltim dan Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) menggelar operasi pasar murah di Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam, Jumat (17/11/2023). Masyarakat Penajam nampak sangat antusias membeli barang kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, tepung dan bawang.

“Operasi pasar ini sangat penting untuk pengendalian inflasi, sekaligus memastikan bahwa stok beras kita masih cukup aman,” kata Pj Gubernur Akmal Malik.
Seperti diketahui harga beras di pasaran beberapa waktu terakhir sempat mengalami kenaikan akibat musim kemarau, sehingga menyebabkan sebagian petani mengalami gagal panen. Operasi pasar ini sangat strategis untuk menjaga harga beras dan bahan pokok lainnya tetap terkendali dan menekan aksi spekulan harga. Sementara dalam jangka panjang, Pj Gubernur Akmal Malik berharap agar Kalimantan Timur memiliki kemandirian pangan dengan ikhtiar bersama, sehingga mengurangi ketergantungan pasokan bahan pokok dari Sulawesi dan Jawa.
“Harus ada ikhtiar bersama untuk mengurangi ketergantungan dari Jawa dan Sulawesi. Optimalkan pertanian modern. Kita punya anggaran cukup, tinggal fokus saja,” tegas Pj Gubernur Akmal Malik, Selasa lalu saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Stabilisasi Harga dan Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di Hotel Fugo Samarinda.   Mewakili Pj Bupati PPU, Sekretaris Daerah Kabupaten PPU Tohar menyampaikan terima kasih atas bantuan Pemprov Kaltim melalui operasi pasar yang dilaksanakan oleh Dinas Perindagkop dan UKM Kaltim bekerja sama dengan Dinas KUKMPerindag Kabupaten PPU.
“Atas nama pemerintah dan pimpinan daerah, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kaltim dengan penyelenggaraan operasi pasar ini. Tentu ini sangat membantu memenuhi sebagian kebutuhan dasar masyarakat Penajam dan sekitarnya,”ujar Tohar.(adv/sb-01/diskominfokaltim)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *