by

Komisi I DPRD Paser Kunjungi Bappeda Kaltim, Bahas Penerapan Aplikasi SIPD

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Komisi I DPRD Kabupaten Paser dipimpin Hendrawan Putra mengunjungi Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (14/1/2021).

Kunjungan kali ini untuk mempelajarai lebih dalam mengenai aplikasi sistem informasi pemerintah daerah (SIPD). Ikut serta dalam kunjungan Sekretaris Komisi I Abdul Azis, anggota M Ramli S Bakti, M Saleh, Hamransyah, Muhammad Jarnawi Sutarno, dan Sekretaris DPRD Kabupaten Paser Amirudin M,Ap.

“Kunjungan kali ini bertujuan untuk menggali lebih dalam  tentang aplikasi SIPD  sehingga kedepan dapat terjalin pemahaman yang sama dalam menggunakan aplikasi ini, terutama informasi tentang pembangunan dan keuangan daerah,” kata Hendrawan, kepada media ini, Jumat (15/1/2021).

Ia berharap sistem ini dapat mempermudah kinerja DPRD sesuai tugas dan fungsinya meliputi fungsi legislasi yang berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah, kemudian fungsi anggaran terkait kewenangan dalam hal anggaran daerah (APBD) serta fungsi pengawasan terkait kewenangan mengontrol atau mengawasi pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

“Yang terpenting antara DPRD dan Pemkab Paser selalu sejalan dalam hal informasi. Jangan sampai ada yang salah memahami atau menafsir tentang aplikasi ini,” kata Hendrawan.

Pertemuan Komisi I DPRD Kabupaten Paser dan Bappeda Provinsi Kaltim membahas SIPD

Hal senada diungkapkan Sekretaris Komisi I Abdul Azis. “Ya kami ingin mengetahui lebih jauh tentang aplikasi ini sebab tahun 2022 aplikasi SIPD ini sudah harus dilaksanakan di Kabupaten Paser serta daerah lainya di Kaltim,” katanya.

“Makanya kami Komisi I terus mendalami dan menanyakan terkait aplikasi ini. Kami sich sudah mulai pelan-pelan menjalankan tahun 2020 lalu sebab tahun 2022 sebanyak 10 kabupaten/kota di Kaltim wajib melaksanakan aplikasi ini sehingga informasi dari Bappeda Kaltim sangat penting agar pelaksanaanya nanti tidak ada kendala sehingga memudahkan kami DPRD dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah daerah,” tegasnya.

Sekadar diketahui aplikasi SIPD adalah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat sebagai bahan dalam pengambilan keputusan.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini