by

Komisi II Akan Panggil Disdukcapil, Pastikan Jumlah Penduduk Paser Capai 300 Ribu Jiwa Plus 1

TANA PASER,suarabalikpapan.com- Ketua Komisi II DPRD Paser Ikhwan Antasari meminta kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk memaksimalkan data terbaru jumlah penduduk di Kabupaten Paser saat ini. Hal ini untuk memastikan jumlah tambahan 5 kursi legislatif Paser dari 30 menjadi 35 kursi. Sebab untuk tambahan 5 kursi jumlah penduduk Kabupaten Paser harus mencapai 300 ribu plus 1 jiwa saat Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 nanti.

Kendati demikian diakui Ikhwan, pihaknya belum memanggil Disdukcapil terkait data penduduk tersebut. “Pada rapat sebelumnya ada beberapa pihak yang ingin menambah jumlah kursi DPRD Paser,” kata Ikhwan, kepada media ini,  Senin (23/8/2021)

Dirinya berharap pertengahan 2022 data kependudukan apakah mencapai 300 ribu jiwa plus 1 sudah ada sehingga pada Pileg 2021 DPRD Paser ada tambahan 5 kursi. “Kami meminta Disdukcapil segera mendata warga yang ada dengan memastikan warga tersebut memiliki KTP,” ucapnya.

Apalagi sesuai dengan program Bupati kata Ikhwan, yakni untuk mempermudah pelayanan warga tidak perlu datang ke Disdukcapil untuk memperoleh KTP namun cukup di kecamatan saja. “Ini yang ditekankan Pak Bupati kepada OPD terkait agar benar-benar memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Rencananya, kata Ikhwan, Komisi II akan memanggil Disdukcapil untuk menggelar RDP usai membahas KUA-PPAS. “Kami akan segera memanggil Disdukcapil untuk menanyakan, apakah di pertengahan tahun 2022 target 300 ribu plus 1 dapat tercapai serta apa saja yang menjadi kendala di lapangan,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini