Nasional

Menikmati Galeri Lukisan Maestro Affandi Koesoema di Sleman Yogyakarta

79
×

Menikmati Galeri Lukisan Maestro Affandi Koesoema di Sleman Yogyakarta

Share this article
Reporter suarabalikpapan.com Abramsyah Halim berfoto bersama Kartika Affandi yang merupakan putri Maestro Seni Lukis Indonesia Affandi Koesoema

YOGYAKARTA,suarabalikpapan.com-Galeri Maestro Seni Lukis Indonesia Affandi Koesoema yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta banyak dikunjungi wisatawan. Pelukis Affandi Koesoema sangat dikenal dunia internasional, berkat gaya melukis ekspresionis dan romantismenya.

Pada tahun 1950 Affandi kerap menggelar pameran tunggal di India, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Affandi tergolong pelukis produktif sebab telah menghasilkan kurang lebih 2.000 lukisan.  Untuk masuk Galeri Lukis Affandi ini pengunjung membayar Rp50 ribu perorang. Untuk berkeliling museum Affandi,  pengunjung akan diberikan cinderamata dan minum gratis sesuai dengan selera pengunjung.
Deddy salah satu pemandu galeri, mengatakan, karya Affandi sudah dimiliki oleh beberapa kolektor lukisan seperti almarhum Ciputra, Tutut Rukmana serta ada beberapa yang di simpan di museum Indonesia maupun luar negeri.
Suarabalikpapan.com mendapat kesempatan berkunjung bersama rombongan dari Jakarta,  pada Senin 17 Juli 2023 guna  melihat beberapa karya terbaik Affandi diantaranya lukisan dengan judul Empat Ayam Mati dan Kaki serta Mata-Mata Musuh yang sempat dipinjamkan ke museum Belanda selama 6 bulan untuk dipamerkan.
Kedua lukisan tersebut tidak untuk dijual. Setelah mengeliling museum suarabalikpapan.com sempat berfoto bersama putri Affandi Koesoema yakni Kartika Affandi.(*).
 
Penulis : Abramsyah Halim dari Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *