Provinsi Kaltim

Momentum Hari Otda 2023, Wagub Ajak Bekerjasama Membangun Daerah

24
×

Momentum Hari Otda 2023, Wagub Ajak Bekerjasama Membangun Daerah

Share this article
Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menegaskan peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII tahun 2023 merupakan momentum untuk bekerjasama membangun daerah.

“Walaupun IPM Kaltim terus meningkat dan PAD diatas target, namun daerah ini tidak akan bisa membangun secara maksimal kalau kompososi APBN dan APBD seperti sekarang ini, apalagi wilayah Kaltim sangat luas. Karena itu, momentum peringatan Otda tahun ini, kita ajak semua harus bekerjasama baik itu swasta, pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk bersama-sama membangun daerah, sebagaimana amanat Presiden harus membangun dari desa,” kata Wagub Hadi Mulyadi usai memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII tahun 2023, di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, baru-baru ini.
Wagub Hadi meminta daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik, tetapi IPMnya masih rendah, termasuk daerah yang ada kasus stuntingnya agar melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD tepat sasaran, efektif serta efisien.
“Saya juga mengimbau bagi daerah yang masih rendah PADnya agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi daerah yang dapat memberikan nilai tambah untuk pembangunan daerah,” tandasnya.
Ditambahkan, sesuai amanat Mendagri, katanya, program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri, sehingga P3DN perlu senantiasa dorong dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. “Selain itu, pemerintah pusat menargetkan tahun 2023 angka stunting anak turun menjasi 17 persen secara nasional, untuk itu kepala daerah agar mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya menekan angka stunting di masing-masing wilayah.
“Perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif serta efisien,” katanya.
Wagub juga mengimbau agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD.(sb-02/adv/kominfo-kaltim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *