by

MTQ Bontang, Kafilah Balikpapan Raih Nilai Tertinggi

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Musabaqah Tolawatil Quran (MTQ) ke-42 tingkat Provinsi Kaltim di Kota Bontang telah berakhir, Selasa (8/6/2021). Penutupan MTQ kali ini dihadiri Gubernur Kaltim Isran Noor beserta Istri di Kompleks Stadion Bessai Berinta Kota Bontang.⠀⠀

Hadir pula kepala daerah se Kaltim, unsur FKPD Provinsi Kaltim hingga mantan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni dan Sofyan Hasdam. Untuk Kota Balikpapan diwakili Plh Asisten Administrasi Arbain Side dan Ketua LPTQ Kota Balikpapan Muhammad Noor yang juga Asisten Ekbangkesra.⠀Hasil lomba Balikpapan meraih posisi keempat. Sementara Kafilah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) keluar sebagai juara umum. Kota Samarinda selanjutnya ditetapkan sebagai Tuan Rumah MTQ ke-43 tahun 2022.

Kukar keluar sebagai juara umum dan berhak memboyong piala tetap dan piala bergilir Gubernur Kaltim setelah berhasil mengumpulkan nilai 83 yang berasal dari juara I sebanyak 9, juara II sebanyak 9 dan juara III sebanyak 11. Di tempat kedua Bontang dengan nilai 74 setelah berhasil merebut juara I sebanyak 9, juara II sebanyak 7 dan juara III sebanyak 8.

Sementara itu Samarinda keluar sebagai juara umum ketiga dengan nilai 70 yang dikumpul dari juara I sebanyak 9, juara II sebanyak 7 dan juara III sebanyak 8. Selain itu, Dewan Hakim MTQ juga menetaplan peringkat juara dari kafilah kabupaten/kota se-Kaltim. Yaitu, Balikpapan dengan nilai 55, Berau 53, Penajam Paser Utara 35, Paser 33, Kutai Timur 27, Kutai Barat 0 dan Mahakam Ulu tanpa nilai karena tidak mengirimkan kafilahnya.

MTQ dibuka Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi pada 5 Juni lalu. Sementara itu penutupan MTQ di Arena Utama Bessai Berita Bontang, berlangsung sederhana yang ditandai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, pembacaan nama pemenang, sambutan Walikota Basri Rase, penyerahan cinderamata untuk kepala daerah dan hadiah untuk pemenang, pembacaan Al Qur’an oleh Syahroni yang juga juara MTQ Internasional di Bahrain tahun 2019.

Dilanjutkan sambutan Kakanwil Kementerian Agma Kaltim H Masrawan, sambutan Gubernur, penyerahan piala tetap dan bergilir gubernur untuk Kukar. MTQ berakhir dengan penurunan bendera LPTQ oleh tim Paskibra Bontang. “Saya menyampaikan ucapa selamat kepada para juara dan seluruh peserta MTQ, namun yang keluar sebagai juara pada hakikatnya adalah kita semua yang tidak hanya mampu membaca, tetapi juga mampu memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kehidupan selamat di dunia dan akhirat,” tegas Isran Noor.(sb-02).⠀

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini