DISPUTAKAR KALTIM

MTS Negeri Samarinda Belajar Literasi ke DPRD

32
×

MTS Negeri Samarinda Belajar Literasi ke DPRD

Share this article
Para siswa dan guru MTS Negeri Samarinda berfoto bersama anggota DPRD Kaltim

SAMARINDA,suarabalikpapan.com–Gedung DPRD Provinsi Kaltim bisa menjadi salah satu sarana pembelajaran bagi siswa. Di situ para wakil rakyat menjalankan fungsinya sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Maka para siswa kelas 8 MTs Negeri Samarinda menjadikan kesempatan ini untuk menimba ilmu.

Kepala MTS Negeri Samarinda, Misbakhus Sururi mengatakan kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Proyek Penguatan Rahmatan Lil Alamin (P2RA). Jadi para peserta didik bisa mendapatkan mendapatkan informasi langsung dari para wakil rakyat yang duduk di DPRD Kaltim.
“Ini jadi salah satu rangkaian kegiatan yang bertema Suara Demokrasi. Kegiatan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 8 dan didampingi oleh fasilitator guru kelas 8,” ujarnya, Rabu (8/11/2023).
Menurut Sururi, proses pembelajaran kali ini menjadi momentum yang berharga bagi peserta didik karena dapat merasakan suasana belajar di ruang rapat komisi 4 DPRD Provinsi Kalimantan Timur secara langsung. Di mana Materi yang dipaparkan merupakan pentingnya peran Leadership atau Pemimpin dalam kepemimpinan diri dan kepemimpinan kelompok. Mengingat para anggota dewan permusyawaratan rakyat akan selalu berhadapan dengan pengambilan keputusan dalam setiap pekerjaannya hal itu mengharuskan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.
“Tadi yang kasih materi ibu Fitri Maisyaroh dan Ibu Puji Susilowati sebagai anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur,” tuturnya lagi. Sururi berharap, dari pembelajaran kali ini, dapat semakin memupuk jiwa kepemimpinan yang baik bagi peserta didik MTs Negeri Samarinda, karena tidak menutup kemungkinan para peserta didik mendatang yang akan berperan dan berkontribusi pada legislatif, yudikatif, maupun eksekutif pada kancah perpolitikan di Indonesia.
“Semoga anak-anak kita punya jiwa leadership. Itu sebagai proses menggerakan dan memimpin sekelompok manusia dalam sebuah arahan dengan memotivasi dan mendidik mereka ke suatu aksi melalui cara yang tidak memaksa,” tambahnya.(adv/sb-01/dpkkaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *