by

Mudahkan Pembiayaan Kredit Sepeda Motor Pegawai dan UMKM bagi Masyarakat, Pegadaian Jalin Kerjasama dengan Pemkab Paser

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-PT Pegadaian Area Balikpapan melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, di The Gade Coffe and Gold Balikpapan, pada Rabu (14/10/2021).

Kesepakatan kerjasama yang ditandatangani Vice President (VP) PT Pegadaian Area Balikpapan Susatya Pramana dan Wakil Bupati Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf, diantaranya pemanfaatan produk layanan sebagai wadah media promosi dalam ruang pelayanan publik, kemudian pemberian informasi produk dan promo, serta sinergi kegiatan untuk program kemitraan.

Vice President PT Pegadaian Area Balikpapan, Susatya Pramana mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Kabupaten Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf beserta staf yang telah meluangkan waktu untuk  hadir dalam rangka penandatanganan kesepakatan bersama guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat agar lebih baik lagi.

“Kami sebagai instansi keuangan perlu banyak memberikan informasi dan sosialisasi guna memperluas pengetahuan kepada masyarakat salah satunya dengan Pemkab Paser,” kata Susatya Pramana, kepada awak media, The Gade Coffe and Gold Balikpapan, usai penandatangan kesepakatan bersama.

Menurutnya, Kerjasama ini sebagai upaya sinergi Pegadaian dengan Pemkab Paser dalam rangka memberi akses seluas luasnya kepada masyarakat Kabupaten Paser untuk memanfaatkan produk-peoduk Pegadaian. “Kami akui selama ini kurang memberikan informasi tentang produk-produk Pegadaian baik di tingkat kelurahan hingga dinas-dinas di Pemkab Paser. Tapi dengan momentum ini informasinya semakin maksimal tentang produk Pegadaian,” harapnya.

“Pada intinya kita saling menguntungkan baik dari pihak Pemkab Paser maupun Pegadaian. Dari Pemkab Paser nantinya ada kerjasama kegiatan kegiatan bersama Pegadaian. Kemudian Pegadaian akan memberikan produk-produk yang bermanfaat bagi masyarakat, di antaranya masyarakat akan menyisikan penghasilanya untuk tabungan emas, kemudian amanah atau kredit modal kerja dalam bentuk gadai atau fidusia, pembiayaan untuk berangkat haji, serta kredit pembiayaan bermotor bagi pegawai dan bantuan pembiayaan UMKM bagi masyarakat,” terangnya.

JALIN KERJASAMA : Penandatanganan kesepakatan bersama yang dilakukan Vice President (VP) PT Pegadaian Area Balikpapan Susatya Pramana dan Wakil Bupati Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf

Susatya mengungkapkan, untuk kerjasama pembiayaan kredit sepeda motor bagi pegawai Pemkab Paser merupakan pertama kali dilakukan Pegadaian dengan berbagai kemudahannya serta tarif yang lebih kompetitif, proses administrasi yang tidak berbelit-belit serta pembiayaan yang lebih terjangkau.

“Kami berharap kedepan Pegadaian dapat memberikan produk-produk yang bermanfaat bagi masyarakat Paser. Sebab jumlah penduduk Kabupaten Paser sebanyak 277 ribu jiwa yang menjadi nasabah Pegadaian belum sampai 20 persen. Saya berharap semakin banyak masyarakat Paser menjadi nasabah Pegadaian sehingga tidak terjerat pinjaman online (pinjol) serta pinjaman lainya dengan bunga sangat tinggi sebab di Pegadaian pinjaman Rp1 juta bunganya hanya 1 persen atau Rp10 ribu perbulan,” terang Susatya.

Untuk di Kabupaten Paser sendiri, Kata Susatya, Pegadaian sudah memiliki 1 kantor cabang dan 6 unit dengan 7 outlet. “Untuk merealisasikan kerjasama ini kita  targetkan bulan ini sudah ada kejelasan. Sasaran awal adalah amanah atau pembiayaan kredit bermotor bagi pegawai Pemkab Paser, kemudian untuk masyarakat umum berupa kredit modal kerja sebab  di era pandemi Covid-19 butuh penguatan ekonomi agar normal kembali, makanya Pegadaian siap melayani masyarakat dalam hal modal kerja. Intinya  apa yang kita lakukan nanti dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Paser,” harap Susatya.

AKRAB : Vice President (VP) PT Pegadaian Area Balikpapan Susatya Pramana dan Wakil Bupati Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf berbincang-bincang di sela-sela penandatanganan kesepakatan bersama

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Paser, Hj Syarifah Masitah Assegaf menyambut baik Kerjasama antara Pemkab Paser dengan  PT Pegadaian Balikpapan. “Nantinya kerjasama ini akan ditindaklanjuti oleh OPD terkait berupa serta produk-produk apa saja yang bisa di kerjasamakan antara kami dan Pegadaian,”  ujar Wabup Masitah kepada awak media, usai penandatanganan kesepakatan bersama di Balikpapan.

Diakui Masitah, saat ini Pemkab Paser sedang berupaya membangkitkan perekonomian masyarakat akibat terdampak pandemic Covid-19. “Kami saat ini terus berupaya membangkitkan kembali perekonomian masyarakat Kabupaten Paser yang terdampak Covid-19 sesuai visi misi kami di Paser yaitu maju, adil dan sejahtera dengan terus menjalin Kerjasama-kerjasama dengan instansi maupun Lembaga terkait,” pungkas Wabup Masitah.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Ronif Erwinadi, Kabag Kerja Sama Abu Bakar Sidiq, Kabag Perekonomian Paulus Margita dan Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pemkab Paser(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini