by

Musrenbang RKPD Kabupaten Paser Sangat Spesial, Hendra : Dipimpin Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Ketua DPRD Kabupaten Paser Hendra Wahyudi menghadiri pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Paser, secara virtual, di Pendopo Lou Bapekat, pada Senin (8/3/2021).

Ketua DPRD Hendra Wahyudi mengatakan, Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan Secara Terpusat kali ini  sangat spesial karena dipimpin  Bupati dan Wakil Bupati terpilih dr Fahmi Fadli dan Hj Syarifah Masitah Assegaf.

Ia mengungkapkan, Musrenbang  merupakan wahana perencanaan pembangunan partisipatif dari seluruh masyarakat, dengan demikian diharapkan dapat menghasilkan program perencanaan yang benar-benar prioritas, realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat.

“Oleh karena itu kegiatan Musrenbang hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar berdaya guna dan berhasil guna dengan sasaran akhir terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Hendra mengungkapkan, sesuai data tahun 2020 kondisi Kabupaten Paser sebagai berikut, pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi sebesar minus 2,77%, dimana pada tahun 2019 sebesar 3,97%, dan persentase penduduk miskin mengalami peningkatan 9,23%, sedangkan tahun 2019 sebesar 8,95%.

Sementara tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan menjadi sebesar 4,52%. Dimana pada tahun 2019 sebesar 4,55% dan untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2020 mengalami penurunan yaitu menjadi sebesar 72,04%. Dimana pada tahun 2019 sebesar 72,29%.

“Dari empat indikator makro kinerja pembangunan Kabupaten Paser ada tiga indikator yang perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah, yaitu menurunnya pertumbuhan ekonomi, meningkatnya persentase penduduk miskin dan menurunnya IPM,” kata Hendra.

Ia berharap, Pemkab Paser dibawah kepemimpinan yang baru  dapat segera mengambil langkah-langkah strategis, sehingga nantinya dapat mewujudkan visi yang dibawa oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Kabupaten Paser yakni Maju, Adil dan Sejahtera.

“Kami harapkan dikepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati yang baru ini segera melakukan langkah strategis untuk membangun Kabupaten Paser dan selanjutnya Bupati dan Wakil Bupati  segera membentuk tim, dalam rangka  merumuskan visi dan misi yang dibawa ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), untuk diselesaikan dalam jangka waktu kurang dari 6 bulan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017,” pinta politikus PKB ini.

Ia juga berpesan terkait pandemi Covid-19 agar seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) agar terhindar dari paparan virus corona.

“Kami mengajak kepada semua pihak untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, dan semoga program vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Paser, sehingga kedepan masyarakat dapat beraktifitas seperti biasa. Kami juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk saling bahu membahu dalam membangun Bumi Daya Taka,” harap suami dari anggota DPRD Kaltim Yenni Eviliana ini.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini