DISKOMINFO KALTIM

Optimalisasi SDM, Dinas Kehutanan Kaltim Gelar Forum Konsultasi Publik

1060
×

Optimalisasi SDM, Dinas Kehutanan Kaltim Gelar Forum Konsultasi Publik

Share this article
Forum Konsultasi Publik yang digelar Dinas Kehutanan Kaltim di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong pada Kamis (11/7/2024).

TENGGARONG,suarabalikpapan.com–Dalam upaya memperkuat sinergi antara pemerintah dan masyarakat, Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) yang bertujuan untuk mengoptimalkan peningkatan kualitas SDM aparatur demi pelayanan yang lebih baik. Acara ini berlangsung di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong pada Kamis (11/7/2024).
FKP yang dihadiri oleh 70 peserta ini dipimpin Kepala Dinas Kehutanan Kaltim, H. Joko Istanto, S.P., M.Si. Berbagai mitra dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait turut hadir, termasuk Kepala Biro Organisasi Setda Kaltim, Kepala Bidang Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan, Kepala Bidang Pengelolaan DAS dan Rehabilitasi Hutan dan Lahan, serta Kepala Bidang Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Hutan.
Acara ini tidak hanya menjadi ajang diskusi tetapi juga wadah bagi para mitra untuk berkontribusi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Hasil dari diskusi, saran, dan masukan akan dituangkan dalam berita acara yang akan menjadi dasar tindakan lanjutan pada FKP berikutnya.
Sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim, Zaina Yurda, menekankan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan standar pelayanan yang sudah ada.
“Kami mengadakan FKP ini untuk melengkapi serta meningkatkan standar pelayanan yang ada. Dengan SOP yang lebih baik, diharapkan pelayanan dapat lebih maksimal dan prima,” ungkapnya.
Zaina juga menyebutkan beberapa tantangan yang dihadapi, seperti kurangnya publikasi prosedur yang menyebabkan kesulitan akses data.
“Sebenarnya semua prosedur sudah ada dalam SOP, namun publikasinya masih kurang. Kami merekomendasikan penguatan publikasi dari setiap bidang teknis. Untuk data, kami akan meningkatkan website agar semua informasi bisa diakses dengan mudah,” jelasnya.
Selain itu, Zaina menambahkan bahwa pihaknya akan mengadakan bimbingan teknis (bimtek) untuk meningkatkan pelayanan.
“Untuk meningkatkan kapasitas SDM, kami akan melakukan bimtek public speaking. Dengan kemampuan public speaking yang baik, hubungan dengan masyarakat bisa lebih efektif,” tutupnya.
Melalui forum ini, diharapkan ada peningkatan sinergi antara pemerintah dan masyarakat, sehingga pelayanan publik di bidang kehutanan di Kaltim semakin optimal dan profesional.(sb-02) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *