Provinsi Kaltim

Pasca Pandemi Covid-19, Jumlah Pengunjung Perpustakaan Balikpapan Meningkat hingga 100 Persen

44
×

Pasca Pandemi Covid-19, Jumlah Pengunjung Perpustakaan Balikpapan Meningkat hingga 100 Persen

Share this article
Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Kartini, SPd

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Jumlah pengunjung ke Perpustakaan Kota Balikpapan di Jalan Telaga Sari, Kecamatan Balikpapan Kota mengalami lonjakan hingga 100 persen pasca Pandemi Covid-19. “Jumlah pengunjung baik pelajar, mahasiswa maupun masyarakat mengalami peningkatan,” kata Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Kota Balikpapan, Kartini, SPd kepada media ini, Selasa (25/7/2023).

Menurutnya, saat Pandemi Covid-19 jumlah pengunjung hanya sekitar 1.000 orang perbulan. Tapi saat ini bisa mencapai 3.000 orang perbulan. “Peningkatan jumlah kunjungan hasil  kerjasama dengan berbagi pihak.  Upaya lainnya juga terus dilakukan dari penambahan fasilitas sampai menggelar sejumlah even,” kata Kartini. Masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan berasal dari semua kalangan. Mulai dari anak-anak usia dini, pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum.
“Kebanyakan dari mahasiswa dan masyarakat umum. Mereka menghabiskan sebagian waktunya di perpustakaan untuk membaca, mengerjakan tugas, atau sekadar menambah pengetahuan,” ujarnya. Berbagai upaya pun terus dilakukan DPK Balikpapan guna meningkatkan jumlah masyarakat yang berkunjung. Mulai dengan memanfaatkan sosial media hingga menggelar sejumlah event.
“Kita ada kegiatan event, seperti lomba dan pameran. Fasilitas juga ditambah dan yang ada diperbaiki lagi untuk membuat masyarakat nyaman. Ada juga kerja sama dengan pihak lain, misal dari kelompok guru dan penulis melakukan kegiatan di perpustakaan,”ujar Kartini.
Kartini berharap tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan terus meningkat. Hal ini menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, saat ini kegiatan di perpustakaan tak hanya membaca buku. Untuk itu pihaknya juga melakukan inovasi dengan memberi layanan digital. Dengan perkembangan zaman, membaca bisa dilakukan melalui teknologi digital, yang juga tersedia di Dinas Perpustakaan dan Arsip. “Fasilitas kami lumayan lengkap, koleksi buku tidak hanya bentuk fisik tapi juga digital. Di sini juga ada ruang multimedia, ada sekitar 16 komputer yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung,”pungkasnya.(sb-01/adv/dpk-kaltim)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *