by

Pemkot Targetkan PAD Balikpapan 2022 Capai Rp850 Miliar

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Pandemi Covid-19 telah berdampak pada segala sektor usaha sehingga membuat pertumbuhan ekonomi menjadi lambat. Kendati demikian, Pemerintah Kota Balikpapan tetap akan menaikan target Pendapatan Asli Daerah (PAD)  tahun 2022 sebesar Rp 850 miliar.

“Target PAD untuk tahun depan ada peningkatan menjadi Rp 850 miliar. Untuk mencapai target tersebut kami akan mencoba untuk melaksanakan inovasi program terkait dengan updating data di sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),” kata Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah Retribusi Daerah (BPPDRD) Kota Balikpapan, Haemusri Umar, kepada awak media, Rabu (18/8/2021).

Kemudian, pelaksanaan Zona Nilai Tanah (ZNT)yang ada di kota Balikpapan. Khusus untuk Kecamatan Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota, Balikpapan Utara dan Balikpapan Tengah, karena pihaknya baru merampungkan tiga kecamatan di seluruh kota Balikpapan.

Ia berharap pada tahun 2022 bisa sampai dengan 100 persen untuk ZNT dan updating data. Maka potensi besar yang bisa kita digali adalah penerimaan dari sektor PBB. Oleh sebab itu, pihaknya meminta dukungan dari anggota DPRD khusunya komisi II.

“Sehingga kedepannya kita coba merumuskan arak kebijakan terkait tentang Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), semoga bisa didukung oleh teman-teman komisi II. Jadi di aturan itu NJOP akan selalu di perbarui tiga tahun sekali dan juga tergantung pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah,” tuturnya.

Menurutnya, untuk satu tahun bisa dinaikan, tapi khusus di daerah yang pertumbuhan ekonominya begitu pesat. Contoh kalau kita lihat segmentasi kelurahan yang ada di kota Balikpapan yang  pertumbuhan ekonominya pesat itu berada di kelurahan Damai, Klandasan Ulu dan Klandasan Ilir serta beberapa wilayah di Balikpapan Tengah.

“Oleh sebab itu, hal itu bisa dilakukan proses percepatan untuk dinaikan NJOP. Untuk saat ini kami masih fokus di 2021 dulu, jadi nanti setelah disahkan oleh DPRD untuk target PAD 2022. Baru nanti kita akan fokus ke 2022 lagi,” pungkasnya.(sb-03)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini