DISPUTAKAR KALTIM

Pengelola Perpustakaan Kampung Ikut Magang

35
×

Pengelola Perpustakaan Kampung Ikut Magang

Share this article
Dispusip Berau membuktikan kesempatan magang bagi pengurus perpustakaan kampung dan pengelola perpustakaan

BERAU, suarabalikpapan.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau membuktikan kesempatan magang bagi pengurus perpustakaan kampung dan pengelola perpustakaan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) seluruh pengurus perpustakaan di Berau.

Pustakawan Ahli Muda Dispusip Berau, Arliana mengatakan, pengembangan pengelolaan perpustakaan dilakukan pihaknya dengan membuka kelas magang bagi seluruh pengurus pengelola perpustakaan di kampung. “Untuk saat ini ada dari perpustakaan Kampung Merancang Ilir yang sudah magang sejak beberapa waktu lalu,” ujarnya kepada wartawan, belum lama ini.

Dispusip Berau juga memiliki program bimbingan teknis (bimtek). Tetapi, jika hanya mengandalkan bimtek, waktu dan jumlah peserta pun terbatas. Sehingga, untuk mengantisipasi, pihaknya mempersilakan seluruh pengurus perpustakaan untuk melakukan magang di Dispusip Berau.

“Karena 100 lebih perpustakaan di Kabupaten Berau, sehingga jika tidak memiliki kesempatan gelar bimtek, maka kami membuka pintu selebar-lebarnya untuk menerima yang ingin magang,” paparnya.

Saat magang dijelaskan Arlinana, pengelola perpustakaan kampung diajarkan teknis pengelolaan perpustakaan khususnya koleksi buku. Sebab hal itu tidak mudah dalam mengelola perpustakaan. “Sembari mencari represi, kami selalu membuka siapa pun bisa untuk magang. Karena ini salah satu cara dalam meningkatkan SDM para pengelola perpustakaan kampung,” katanya.

Ia juga mengungkapkan tidak menetapkan waktu bagi pengelola perpustakaan kampung untuk magang di Perpustakaan Daerah atau Dispusip Berau. “Sampai mereka (pengelola perpus, red) betul-betul paham untuk belajar. Jadi kami tidak memberi batas waktu,” jelasnya.

Dirinya mengajak seluruh pengurus atau pengelola perpustakaan untuk bisa bergabung, jika sekiranya dalam pekerjaan mendata ataupun lainnya yang bersangkutan dengan perpustakaan tidak mengerti.

“Mari kita sama-sama belajar, karena dengan meningkatkan SDM, saya yakin nanti seluruh perpustakaan di Berau berprestasi dan tahu tupoksi-nya apa,” tandasnya. (adv/sb-01/dpkkaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *