by

Peringati HUT Kota dan Pemkot Samarinda Diawali Upacara di TMP Kesuma Bangsa

SAMARINDA,suarabalikpapan.com–Rangkaian peringatan HUT ke-356 Kota Samarinda dan HUT ke-64 Pemerintah Kota Samarinda tahun 2024 digelar dengan melaksanakan upacara penghormatan dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa Samarinda pada Jumat (19/1/2024) pagi.

Kegiatan diawali dengan upacara penghormatan kepada para pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa. Upacara dihadiri oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun, Wakil Wali Kota Rusmadi Wongso, Sekda Hero Mardanus, Kapolres Samarinda Kombes Pol Ary Fadli, serta jajaran Forkopimda dan OPD Kota Samarinda.

Usai upacara, dilakukan ziarah dan tabur bunga di makam para pahlawan oleh Forkopimda dan ibu-ibu dari gabungan organisasi kewanitaan Kota Samarinda. Wali Kota Andi Harun mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan kepada jasa dan pengabdian para pahlawan. “Kegiatan ini adalah upaya kita sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa,” ujarnya.

Ia berharap peringatan HUT Kota Samarinda ke-356 tahun ini dapat semakin mempererat koordinasi dan sinergi Forkopimda Kota Samarinda. Dengan begitu, stabilitas pembangunan kota bisa terjaga untuk mewujudkan visi misi Samarinda sebagai pusat peradaban.

Setelah itu, rombongan Forkopimda melanjutkan ziarah ke makam pendiri Kota Samarinda, La Mohang Daeng Mangkona, di Jalan Mesjid, Kecamatan Samarinda Seberang. Dalam ziarah tersebut, dilakukan pembacaan naskah sejarah berdirinya Kota Samarinda serta tabur bunga dan doa bersama.

Ziarah ke makam pendiri kota ini untuk mengenang jasa dan perjuangan La Mohang Daeng Mangkona dalam membangun Kota Samarinda sejak awal. Semangat dan nilai-nilai perjuangannya diharapkan tetap hidup dalam pembangunan kota saat ini dan masa depan.

Dengan mengingat para pahlawan dan pendiri kota, diharapkan semangat kebangsaan dan nasionalisme warga Kota Samarinda semakin meningkat. Sebagai penerus perjuangan, warga dituntut untuk terus membangun dan memajukan Kota Samarinda agar semakin maju, mandiri dan sejahtera.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini