by

Peringati Peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946, Yulianus Dukung Pembangunan IKN di Kaltim

BALIKPAPAN,suarabalikpapan-Ratusan kader dan simpatisan barisan pro Merah Putih menggelar Apel & Ziarah Merah Putih, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Agung Balikpapan, Jalan Marsma R Iswahyudi, Senin (14/2/2022) pukul 08.30 wita. Kegiatan ini dalam rangka  memperingati 76 Tahun Peristiwa Heroik Merah Putih 14 Februari 1946 di Manado Sulawesi Utara.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Ketua Umum DPP Gerakan Penerus Perjuangan Merah Putih (GPPMP) DR Yulianus Henock Sumual SH, MSi yang juga Panglima Komando Penegak Merah Putih (Kogamtih) Indonesia. Sedangkan peserta upacara diantaranya Komando Penegak Merah Putih (Kogamtih), Depidar Gerakan Perempuan Merah Putih Indonesia (GPMPI) Kaltim, Wadah Koordinasi (Wakor) Maesa Balikpapan, Brigade Manguni Indonesia (BMI), Laskar Manguni Indonesia (LMI) hingga Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK).

“Kegiatan ini untuk mengenang kembali perjuangan dan jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah Belanda. Terkhusus perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan NKRI di Manado Sulawesi Utara 14 Februari 1946 lalu,” ujar DR Yulianus Henock Sumual, SH MSi kepada Balikpapan Pos, usai upacara di TMP Dharma Agung, Senin (14/2/2022) siang.

Peserta upacara peringatan Peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946 berfoto bersama di tugu TMP Dharma Agung Balikpapan

DUKUNG PEMBANGUNAN IKN DI KALTIM

Melalui momentum peringatan Peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946 ini, kata Yulianus, sebagai upaya untuk mempersatukan seluruh komponen anak bangsa dalam menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim. “Kita harus bersatu dalam wadah NKRI dengan semangat merah putih, khususnya anak bangsa yang ada di Kalimantan Timur dalam menyambut IKN di PPU dan Kukar,” terangnya.

Untuk itu, dirinya menegaskan, sebagai anak bangsa tidak ada kata penolakan terhadap IKN di Kaltim. “Apabila ada orang-orang yang memprovokasi atau menolak IKN berarti mereka ingin merusak persatuan dan kesatuan sebab kami telah sepakat mensukseskan IKN di Kaltim,” tegasnya.

Wakil Ketua DPP GPPMP DR Yulianus Henock Sumual SH, MSi (baju loreng merah) yang juga Panglima Kogamtih Indonesia dan jajaran melakukan tabur bunga di TMP Dharma Agung Balikpapan

Sebab menurut Yulianus, IKN ini sangat menguntungkan bagi masyarakat Kaltim karena akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Kaltim sebab akan terjadi pemerataan pembangunan bukan hanya di Kaltim tetapi di seluruh wilayah Kalimantan hingga ke wilayah Indonesia Timur.

“Untuk itu saya berharap marilah kita semua menjaga kebersamaan, persatuan dan kesatuan, kondusifitas serta jangan mudah terprovokasi oleh oknum-oknum provokator yang ingin membatalkan IKN di Kaltim. Pokoknya kita mendukung program pemerintah terutama program Presiden Jokowi sebab Kaltim ini sangat luar biasa, bebas dari bencana alam, penyumbang devisa cukup besar ke negara serta terdapat kerajaan tertua di Indonesia sehingga tidak ada salahnya Presiden Jokowi memindahkan IKN ke Kaltim,” pungkas Yulianus didampingi Ketua DPD GPPMP Kaltim, Didie Wurangian, Ketua Harian DPD GPPMP Kaltim  Heince Tumewu, serta Ketua DPC GPPMP Balikpapan Gideon Lantang.(sb-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini