Provinsi Kaltim

Perpustakaan Berau Wakili Kaltim Ikut Pelatihan Master Trainer TPBIS Perpusnas RI

29
×

Perpustakaan Berau Wakili Kaltim Ikut Pelatihan Master Trainer TPBIS Perpusnas RI

Share this article
Titia Rani Tyas Dita merupakan Pustakawan Ahli Muda DPK Berau yang ikut pelatihan master trainer TPBIS yang digelar Perpusnas RI

TANJUNG REDEB,suarabalikpapan.com-Perpustakaan Kabupaten Berau kembali mendapat kepercayaan untuk mewakili Kaltim. Kali ini terpilih untuk mengikuti pelatihan master trainer Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) tahun 2023 yang digelar Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI 13 hingga 16 Maret 2023 di Jakarta.

Demikian disampaikan Kepala Perpustakaan dan Kearsipan DPK Berau Yuda Budisantosa, melalui Pustakawan Ahli Muda DPK Berau, Titia Rani Tyas Dita, Senin (13/3/2023). “Karena Perpustakaan Bumi Batiwakkal aktif dalam melakukan kegiatan TPBIS sehingga mendapat penilaian plus oleh Perpusnas dan saya terpilih sebagai master trainer tahun 2023 ini. Dari kegiatan ini hanya Berau satu satunya yang terpilih, dengan mendapatkan undangan dari Perpusnas. Tentu saya sangat bersyukur akan kesempatan diberikan,” katanya. 
Menurutnya peranan perpustakaan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul salah satu kegiatan prioritas nasional adalah penguatan budaya literasi untuk mewujudkan masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan berkarakter.
“Jadi Perpustakaan itu sekarang bertransformasi, tidak hanya sebagai penyimpan koleksi buku, minjamin buku, tapi juga sebagai tempat untuk berkomunitas, belajar, workshop dan lain sebagainya. Kedepan setelah dibekali saya akan membimbing dan menjadi mentor untuk perpustakaan desa atau kampung, kecamatan, maupun tingkat kabupaten untuk melaksanakan program secara berkelanjutan,”pungkas Tia.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *