Provinsi Kaltim

Perpustakaan Daerah Kaltim Jadi Referensi Studi Literasi Siswa

30
×

Perpustakaan Daerah Kaltim Jadi Referensi Studi Literasi Siswa

Share this article
Perpusda Kaltim di Jalan Ir H Juanda, Samarinda menjadi salah satu tempat referensi literasi sekolah di Kaltim

SAMARINDA,suarabalikpapan.com–Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kaltim di Jalan Ir H Juanda, Samarinda menjadi salah satu tempat referensi literasi sekolah, mulai dari tingkat PAUD, TK hingga SLTA untuk melaksanakan studi literasi.

Setiap harinya di layanan jam kerja, Perpustakaan Daerah Kaltim ramai menerima kunjungan siswa yang dilakukan secara terjadwal. Khusus untuk layanan siswa sekolah tingkat PAUD, TK hingga SD, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim telah menyediakan ruangan khusus. Koleksi buku-buku yang disediakan juga beragam dan jumlahnya ribuan. Suasana ruangan yang nyaman sengaja dibuat untuk membuat siswa betah berlama-lama membaca buku. Selain itu, petugas layanan juga biasanya akan membacakan kisah dongeng menarik, mengadakan permainan dan menyanyi untuk membuat anak-anak senang.
“Mereka juga punya potensi yang perlu diasah ilmunya melalui buku. Pencerdasan sejak dini sudah harus mulai dilakukan, untuk itu perlu kita dukung dengan sejumlah fasilitas dan sarananya agar mereka lebih menyukai datang ke perpustakaan,” kata Kepala DPK Kaltim  HM Syafranuddin.
Mantan Kepala Biro Adpim Setdaprov Kaltim ini juga mengajak kepada seluruh orangtua untuk mulai memperkenalkan minat baca pada anak-anaknya. Dengan rutin berkunjung ke perpustakaan kata dia, akan memperkenalkan anak-anak dengan berbagai buku, yang nantinya dapat berdampak pada meningkatnya ilmu dan wawasan anak-anak. “Kita sangat memperhatikan kesejahteraan anak. Kami mengimbau bagi orangtua, sesibuk apapun, tetap bacakan buku pada anak dan sering-seringlah mengajak anak berkunjung ke perpustakaan,” pungkasnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *