Provinsi Kaltim

Perpustakaan Diperbaiki, SDN 011 Balikpapan Tengah Maksimalkan Pojok Baca

40
×

Perpustakaan Diperbaiki, SDN 011 Balikpapan Tengah Maksimalkan Pojok Baca

Share this article
Murid SDN 011 Balikpapan Tengah sedang membaca di pojok baca

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Upaya peningkatan minat baca di SDN 011 Balikpapan Tengah terus dilakukan. Salah satunya dengan menggerakkan pojok baca di setiap kelas. Kepala SDN 011 Balikpapan Tengah Sahidayati mengatakan, untuk meningkatkan minat baca pada murid, pihaknya menggerakkan pojok baca di setiap kelas.

“Jika murid-murid malas pergi ke perpustakaan, mereka bisa membaca di pojok baca di kelas masing-masing. Karena memang untuk saat ini perpustakaan kami masih dalam perbaikan,” kata Sahidayati kepada wartawan, Selasa (7/3/2023).
Ia menjelaskan, sebelum jam pelajaran dimulai murid-murid wajib membaca buku yang mereka sukai selama 15 menit. “Pojok baca bukan hanya ada di dalam kelas, tapi di luar kelas juga ada pojok baca. Jadi bagi murid-murid yang ingin membaca saat jam istirahat bisa membaca di pojok baca di luar kelas,” terangnya.
Dia menyampaikan, kendalanya jika hujan murid-murid tidak bisa membaca di pojok baca di luar kelas. Kita juga sudah membuatkan jadwal bagi seluruh murid. Artinya setiap kelas memiliki jadwal untuk membaca. “Untuk buku pelajaran di perpustakaan dianggarkan melalui dana BOS, kecuali buku cerita, biasa kita mendapatkan bantuan dari pihak swasta,” terangnya.
Menurutnya, buku yang paling banyak di baca oleh murid adalah buku cerita yang bergambar, buku cerita dongeng, rakyat dan sejarah. “Kami berharap dengan berlalunya pendemi Covid-19 minat baca murid-murid semakin bertambah lagi. Sebab pelajaran membaca sempat terhenti dengan adanya pandemi,” pungkasnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *