Provinsi Kaltim

Perpustakaan Jalan Juanda Bakal Dipindahkan ke Eks Hotel Atlet Sempaja

27
×

Perpustakaan Jalan Juanda Bakal Dipindahkan ke Eks Hotel Atlet Sempaja

Share this article
Kepala DPK Kaltim HM Syafranuddin

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim akan memindahkan perpustakaan dari Jalan Juanda ke Hotel Atlet di GOR Kadrie Oening, Sempaja yang saat ini masuk dalam pengelolaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim.

Kadis DPK Kaltim, HM Syafranuddin mengatakan, eks Hotel Atlet menjadi tempat strategis untuk perpustakaan untuk kembali dikelola, sebab manfaatnya sangat banyak.
“Hotel Atlet itu seperti mal, pengunjung yang datang nanti selain membaca juga akan disediakan fasilitas literatur lain sehingga perpustakaan terlihat hidup dan ramai pengunjung,” kata Ivan, sapaannya. Selanjutnya, kata dia, menyediakan fasilitas sepeda di malam hari sebagai bentuk mendongkrak pendapatan daerah, digunakan pengunjung perpustakaan dikala bosan.
“Fasilitas sepeda misalnya kita kenakan biaya sebagai bentuk membantu fasilitas perpustakaan, dan juga sebagai pemasukan PAD. Jadi bukan hanya buku yang disediakan,” ungkapnya.
Konsep tersebut sudah sangat matang terpikirkan, sehingga tinggal menunggu waktu yang tepat dalam menjalankan Inovasi itu.
“Untuk target kalau bisa di tahun depan, renovasi Hotel Atlet sudah bisa berjalan sebelum Kaltim menjadi tuan rumah Hari Kearsipan Nasional pada Mei 2024 mendatang,” harapnya.
Kata dia, untuk memperbaiki Hotel Atlet tidak membutuhkan waktu lama bagi Ivan, tiga bulan renovasi gedung tersebut sudah cukup, sudah dapat digunakan sebagai perpustakaan.
“Karena di sana itu hanya perlu renovasi sedikit bukan membangun, kalau membangun memang lama. Kabel-kabel yang rusak diganti dan dirapikan, plafon bolong tinggal ditempel dengan begitu pasti akan bagus lagi,” imbuhnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *