Provinsi Kaltim

Perpustakaan Keliling DPK Kaltim Rutin Sambangi Lapas dan Panti Sosial

30
×

Perpustakaan Keliling DPK Kaltim Rutin Sambangi Lapas dan Panti Sosial

Share this article
Perpustakaan keliling milik DPK Kaltim cukup aktif menyambangi Lapas dan Panti Sosial

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim mempunyai program layanan perpustakaan keliling yang beroperasi di sejumlah titik yang telah ditentukan. Kegiatan perpustakaan keliling merupakan salah satu layanan Perpustakaan Provinsi Kaltim dalam rangka mendekatkan bahan bacaan sebagai salah satu media informasi dan pemenuhan kebutuhan literasi kepada masyarakat.

Kepala Bidang Layanan Otomasi dan Kerja Sama Perpustakaan DPK Kaltim, E Mustika Wati mengatakan, bahwa ada enam titik layanan perpustakaan keliling. Keenam titik itu di antaranya terbagi di UPTD Panti Sosial dan Lembaga Pemasyarakatan yang berada di Samarinda. Mustika menyebutkan, dipilihnya dua lokasi tersebut sebagai solusi bagi aktivitas panti sosial yang sulit melakukan berkegiatan keluar lokasi panti. Demikian halnya dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), petugas dan pengunjung Lapas diwaktu senggangnya bisa menyempatkan diri mengunjungi Perpustakaan keliling.
“Kita berpikir anak-anak di panti sosial tidak bisa pergi ke mana-mana saat pandemi, bahkan tidak pandemi pun mereka susah pergi untuk menjangkau bahan bacaan,”kata Mustika.
Adapun bentuk layanan yang ditawarkan perpustakaan keliling, menurut Eka, ialah melakukan book drop dengan memberikan bahan bacaan sebanyak 100 judul buku. Setelah mengedrop, perpustakaan akan mengambil buku yang sudah dipinjamkan pada periode yang sebelumnya. “Kami ke lokasi UPT Panti Sosial dan Lembaga Pemasyarakatan bergantian, di minggu pertama kami ke UPTD dan minggu kedua ke lembaga pemasyarakatan,” ujar Eka.
Selain itu, Eka pun berharap atas hadirnya layanan perpustakaan keliling dapat menumbuhkan minat baca masyarakat khususnya warga binaan Lapas. “Warga binaan Lapas juga punya hak yang sama dalam mengakses bahan bacaan, tapi posisinya terbatas,”pungkasnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *