Provinsi Kaltim

Perpustakaan MAN 2 Kukar, Pernah Masuk 10 Besar Terbaik Kaltim

41
×

Perpustakaan MAN 2 Kukar, Pernah Masuk 10 Besar Terbaik Kaltim

Share this article
Perpustakaan MAN 2 Kukar dilengkapi BI Corner

TENGGARONG,suarabalikpapan.com–Manajemen pengelolaan perpustakaan MAN 2 Kutai Kartanegara (Kukar) cukup baik. Bahkan pada 2028 lalu, Perpustakaan MAN 2 Kukar ini dinobatkan sebagai Perpustakaan Terbaik Kaltim oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kaltim. Demikian diungkapkan Kepala Perpustakaan MAN 2 Kukar, Rini Kalsum, SE.

Menurut Rini, terdapat 9 kriteria yang yang menjadi penilaian yaitu manajemen perpustakaan, sumber daya manusia, gedung sarana prasarana, koleksi perpustakaan, pengorganisasian, layanan perpustakaan, anggaran, promosi, kerjasama.
“Kami selalu mengupayakan penambahan berbagai koleksi buku baik fiksi maupun nonfiksi untuk meningkatkan literasi siswa, disamping itu juga kami melakukan inovasi yaitu pencatatan tamu perpustakaan dan peminjaman buku secara digital, hal ini diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan mutu layanan,” harapnya.
Ditambahkan Rini, walaupun masih terdapat keterbatasan ruangan perpustakaan tetapi tidak menyurutkan pihaknya untuk memberikan layanan terbaik bagi pengunjung perpustakaan. MAN 2 Kukar juga memperoleh bantuan dari Bank Indonesia berupa BI Corner untuk berbagai fasilitas perpustakaan. “MAN 2 Kukar merupakan satu-satunya sekolah yang memperoleh bantuan BI Corner dari Bank Indonesia, bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan layanan perpustakaan bagi seluruh warga Madrasah,”harap Rini.
Perpustakaan MAN 2 Kukar juga telah dilengkapi website yang beralamat di www.perpus.man2kukar.sch.id, di website ini anggota perpustakaan akan dimanjakan dengan kemudahan mencari koleksi buku serta membaca bebagai koleksi perpustakaan secara online menggunakan Handphone mereka.
Sementara itu, Kepala MAN 2 Kukar, Samuri SPd, MSi mengapresiasi terhadap prestasi ini, ini membuktikan bahwa perpustkaan MAN 2 Kukar termasuk dalam katagori baik dalam segi fasilitas maupun layanan.
“Tercapainya layanan yang prima serta fasilitas yang mumpuni merupakan tujuan utama kami dalam usaha meningkatkan minat baca warga madrasah, dengan prestasi yang diperoleh ini diharapkan tidak menyurutkan semangat untuk memberikan layanan terbaik baik pengguna perpustakaan, saya juga mengucapkan terima kasih kepada para pengurus perpustakaan yang telah bekerja keras sehingga berhasil memperoleh penghargaan ini,”pungkas Samuri.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *