Provinsi Kaltim

Perpustakaan PPU Dorong Peningkatkan Kualitas SDM Masyarakat

68
×

Perpustakaan PPU Dorong Peningkatkan Kualitas SDM Masyarakat

Share this article
ILUSTRASI:Perpustakaan dinilai mampu meningkatkan kualitas SDM masyarakat

PENAJAM,suarabalikpapan.com–Perpustakaan mampu meningkatkan kecerdasan Masyarakat. Seperti Perpustakaan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang dapat mendukung peningkatan kualitas SDM masyarakat di daerah.

Keberadaan perpustakaan, kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) PPU Muhammad Yusuf Basra sebagai upaya mendukung meningkatkan SDM masyarakat. Pemberlakuan jam kunjungan Perpustakaan PPU saat ini, masih berdasarkan hari kerja, dan pada hari Sabtu dan Minggu tutup.
Namun Dispusip Kabupaten PPU, sedang mengatur mekanisme dan pembagian kerja pustakawan agar pada hari Sabtu-Minggu perpustakaan dapat menerima kunjungan. Ribuan judul buku mulai dari buku pelajaran hingga pengetahuan telah tersedia di Perpustakaan Kabupaten PPU. Buku-buku yang ada di Perpustakaan Kabupaten PPU dipastikan mempunyai nilai dan berkualitas, karena pengarang buku rata-rata menyandang gelar profesor.
Dispusip Kabupaten PPU terus mengupayakan peningkatan literasi masyarakat untuk menyediakan berbagai jenis referensi sesuai kebutuhan meningkatkan kompetensi. Perpustakaan Kabupaten PPU memiliki fasilitas lengkap merupakan program Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk peningkatan SDM.
Pemerintah pusat memberikan bantuan berupa anggaran pembangunan gedung perpustakaan serta pengadaan perabot kantor dan perpustakaan, kemudian bantuan berupa buku dan komputer. Dispusip Kabupaten PPU juga menjalankan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam memperkuat peran perpustakaan meningkatkan kualitas SDM melalui kemampuan literasi. Perpustakaan bukan hanya sebagai pusat informasi, menurut Muhammad Yusuf Basra, tetapi dapat bertransformasi menjadi wadah pengembangan diri dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *