Provinsi Kaltim

Perpustakaan SDN 016 Samarinda Ulu Mampu Budayakan Literasi di Sekolah

40
×

Perpustakaan SDN 016 Samarinda Ulu Mampu Budayakan Literasi di Sekolah

Share this article
Murid SDN 016 Samarinda Ulu sedang membaca buku di perpustakaan

SAMARINDA,suarabalikpapan.com – Mengembangkan budaya literasi di sekolah dengan membangun Perpustakaan ternyata tidak harus memiliki gedung perpustakaan tersendiri, tetapi bisa dimulai dari hal yang paling kecil dan sederhana.   Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 016 Samarinda Ulu yang terletak di Jalan P. Suryanata (Depan Gang Hikam) Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu, hanya bermodalkan ruangnya 18 meter persegi, beberapa rak buku dan koleksi buku pelajaran, akhirnya bisa mewujudkan perpustakaan sekolah.  

Kepala SDN 016 Samarinda Ulu Aminem, S.Pd mengutarakan sejak ditugaskan di SDN 016 Samarinda Ulu memegang amanah sebagai kepala sekolah tahun 2019 sebelum Covid-19 merebak, sekolah ini belum ada ruangan khusus perpustakaan.  
“Saya ditugaskan menjadi Kepala SDN 016 ini pada Desember 2019, pada waktu itu belum ada ruang perpustakaan, tapi Alhamdulillah, dengan tekad yang kuat berusaha mewujudkan Perpustakaan sekolah,  walau kecil saat ini sudah ada ruang khusus untuk Perpustakaan,” tutur  Aminem Kepala SDN 016 Samarinda Ulu, Jum’at (12/5/2023).  
Kondisi sekolah ini kalau hujan deras terdampak banjir, sehingga memerlukan perhatian khusus dalam menyusun dalam penanganan buku ini. Ia menceritakan akibat terkena banjir banyak buku yang terpaksa harus dibuang, sehingga banyak koleksi buku yang tidak bisa diselamatkan.   Terobosan untuk menambah koleksi buku perpustakaan sekolah, Aminem punya wacana setiap siswa yang lulus di SDN 016 diharapkan bisa menghibahkan buku pengetahuan umum untuk menunjang bacaan siswa di perpustakaan sekolah.  
“Dahulu saya pernah dengar ada ketentuan setiap siswa yang lulus harus memberi sumbangan dana untuk perpustakaan, tapi itu sangat beresiko penolakan orang tua siswa, sehingga ke depan kami akan memohon hibah sumbangan berupa buku bekas namun masih layak pakai dari orang tua siswa,” ungkap Aminem.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *