by

Persiba Ditahan Imbang Kalteng Putra, Debut Fakhri Husaini Kurang Memuaskan

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Persiba Balikpapan gagal revans saat menghadapi Kalteng Putra dalam lanjutan Grup D Liga 2 2021. Seperti dilansir dari SKOR.id, tampil di kandang sendiri, Stadion Batakan, Balikpapan, pada Kamis (4/11/2021) Persiba hanya mampu bermain imbang dengan skor 0-0 melawan Kalteng Putra. Padahal, Persiba beberapa kali mendapatkan peluang emas melalui penyerang mereka, yakni M Rasul. Namun, M Rasul gagal memanfaatkan peluang emas tersebut menjadi sebuah gol kemenangan. Hasil imbang ini sekaligus membuat tim berjuluk Beruang Madu itu gagal revans atas Kalteng Putra.

Ya, pada pertemuan pertama di putaran pertama, Persiba kalah dengan skor 1-0 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, 6 Oktober 2021. Tak hanya itu, torehan satu poin yang didapatkan Persiba sekaligus membuat Persiba gagal naik ke posisi ketiga klasemen Grup D Liga 2 2021. Selain itu, pelatih anyar Persiba, Fakhri Husaini, juga tidak mampu memberi kesan manis dalam debutnya menangani tim.

BABAK PERTAMA

Pada awal babak pertama, Persiba Balikpapan yang menjadi tuan rumah dalam laga ini langsung mencoba memberikan tekanan kepada Kalteng Putra. Para pemain Kalteng Putra beberapa kali juga mencoba untuk menciptakan peluang. Hingga memasuki menit ke-10 belum ada peluang yang membahayakan dari Persiba Balikpapan dan Kalteng Putra. Waktu belum genap berjalan 15 menit, Kalteng Putra sudah melakukan pergantian pemain. Karena menderita cedera, Dominggus F Kereway dipaksa ditarik keluar digantikan Rendy Kakasih pada menit ke-12.

Peluang diciptakan pemain Kalteng Putra, Nur Akbar pada menit ke-14. Dia melakukan sepakan dari luar kotak penalti, namun bola bergulir pelan dan mampu diamankan dengan muda oleh kiper Persiba. Memasuki menit ke-20, Kalteng Putra malah lebih banyak menekan pertahanan Persiba. Menit ke-22 penyerang Kalteng Putra, Giofani mampu menerobos pertahanan Persiba dan masuk ke dalam kotak penalti. Dia memberikan umpan silang, namun aliran bola mampu dibaca kiper Persiba.

Persiba menciptakan peluang melalui Ngurah Nanak yang mampu melepaskan sundulan lewat umpan sepakan pojok pada menit ke-25. Tapi, bola tidak tepat sasaran. Nur Akbar hampir menciptakan gol keunggulan untuk Kalteng Putra pada menit ke-28. Dia melepaskan tembakan tepat sasaran dari luar kotak penalti, namun sayang, bola membentur tiang gawang. Memasuki menit ke-35 Persiba dan Kalteng Putra masih berusaha untuk menciptakan gol keunggulan.

Sementara itu tampak kedua tim meningkatkan tempo permainan di sisa waktu menjelang berakhirnya babak pertama. Tidak ada gol yang tercipta. Babak pertama berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

BABAK KEDUA

Kalteng Putra, yang menjadi tim tamu tampaknya tidak ingin pulang dengan tangan kosong. Para pemain Kalteng Putra mencoba untuk langsung menekan pertahanan dari Persiba ketika babak kedua dimulai. Nur Akbar kembali mengancam gawang Pesiba pada menit ke-46. Berawal melalui aksi individu, dia mampu merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan. Namun, bola dari tembakan Nur Akbar masih bisa diamankan dengan mudah oleh kiper Persiba.

Sementara itu, para pemain Persiba kerap mengalami kebuntuan dalam membangun serangan. Peluang emas didapat pemain Persiba, M Rasul melalui sundulan yang dilakukan di mulut gawang Kalteng Putra. Peluang itu tercipta pada menit ke-57. Namun, bola dari sundulan M Rasul melambung tinggi ke atas mistar gawang Kalteng Putra. Memasuki menit ke-65 terjadi saling berbalas serangan dari kedua tim, Persiba dan Kalteng Putra.

Nur Akbar menciptakan peluang dengan melakukan tendangan salto pada menit ke-68. Tapi, bola masih bisa diamankan kiper Persiba. Peluang emas didapat oleh M Rasul pada menit ke-75. Rasul berdiri bebas di dalam kotak penalti usai menerima umpan matang. Namun, M Rasul gagal memanfaatkan peluang emas tersebut, sepakannya masih bisa ditepis kiper Kalteng Putra. Kalteng Putra kehilangan Ronaldo Eko Julianto pada menit ke-87 karena menerima kartu kuning kedua. Hingga pertandingan berakhir, Persiba gagal menumbangkan sepuluh pemain Kalteng Putra. Skor tetap 0-0.(sb-02)

Susunan Pemain

Persiba Balikpapan: Rafit Ikhwanudin; Adam Maulana, Ngurah Nanak, Anton Rahangmetan, Felisianus Junius; Bryan Caesar, Eljo Ernesto, Yussuf Efendi; Oktovianus Maniani, Yongky Ariwibowo, Freddy J Isir;

Pelatih: Fakhri Husaini

Kalteng Putra: Ahmad Fauzi; Fajri Ardiansyah, Moch Nico Fadila, Fauzan Jamal, Wahyu Hendra Pambudi; Maldini Pali, Nur Akbar, Takwir; Dominggus F Kereway, Giofani, Ronaldo Eko Juliyanto;

Pelatih: Eko Tamamie

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini