Nasional

Pesona Masjid Al Jabbar Bandung, Miliki 12 Bangunan Kecil Menyerupai Menara Masjid

162
×

Pesona Masjid Al Jabbar Bandung, Miliki 12 Bangunan Kecil Menyerupai Menara Masjid

Share this article
Masjid Al Jabbar Bandung yang terletak di Jalan Cimencrang Kecamatan Gedebage, Kota Bandung Jawa Barat

BANDUNG,suarabalikpapan.com-Masjid Al Jabbar adalah salah satu masjid baru di Jawa Barat yang diresmikan pada Desember 2022. Masjid Al Jabbar berlokasi di Jalan Cimencrang Nomor 14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Masjid ini mulai didesain tahun 2015 oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Gaya bangunan sangat futuristik, modern dan kontemporer dengan aksentuasi masjid Turkye yang dihiasi seni dekoratif khas Jawa Barat. Uniknya, masjid tersebut berada di tengah danau buatan dari kejauhan terlihat terapung. Di sekelilingnya disiapkan taman dan kursi serta ada tempat untuk berfoto ria. Menuju masjid disiapkan jalur masuk dan keluar cukup luas.
Bagi pengunjung memasuki halaman masjid harus membuka sepatu dan sandal guna menjaga kebersihan. Tempat berwudhu juga dipisahkan antara pria dan wanita sangat bersih, begitu juga pintu masuk dalam masjid utama.
Di dalamnya terdapat 12 bangunan kecil menyerupai menara masjid dan dibawahnya ada tempat menaruh  Alquran serta buku tentang Islam. Di atas masjid terdapat tulisan Allah berbentuk kotak serta beberapa lampu. Tempat imam di depannya ada tulisan 99 Asmaul Husna.
Bagi traveler ingin mengunjungi masjid tersebut, sebaiknya menggunakan ojek online agar bisa sampai depan pintu masuk atau bisa menggunakan kereta wisata mobil yang dihiasi beberapa ornamen cukup menarik, pengunjung mengeluarkan biaya Rp5.000.
Suarabalikpapan.com pada Rabu 19 Juli 2923 berkesempatan mengunjungi masjid tersebut sempat bertemu rombongan pengajian dari Bekasi dan Tanggerang mengabadikan kemegahan Masjid Raya Al Jabbar dengan kapasitas 60 ribu jemaah.(*).  
Penulis : Abramsyah Halim dari Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *