by

PHKT Dukung Peningkatan Kapasitas Melalui Program Bimbingan Teknik Bumdes

MARANGKAYU,suarabalikpapan.com – Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Subholding Upstream Regional 3 Kalimantan, yang dilaksanalkan oleh PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) kembali memberikan dukungan kepada peningkatan  kapasitas pengelola Bumdes Ring 1 Santan Terminal, dengan menfasillitasi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bumdes yang diadakan di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah, dan Jogjakarta pada tanggal 3-9 April 2021.

Bimtek ini dihadiri oleh perwakilan pengurus Bumdes dan pemangku kepentingan di Marangkayu, antara lain direktur dan komisaris Bumdes, kader penggerak PKK, dan stakeholder Kecamatan dan Kasi PMD Marangkayu. Kegiatan ini merupakan langkah lanjutan dari Rapat Musyawarah Rencana Kerja (Musrenja) yang telah berlangsung pada tanggal 3 Februari 2020 lalu dan hasil musyawarah pra bimtek yang diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2021.

Peserta Bimtek didampingi oleh pendamping masyarakat dan Dosen dari lembaga kajian Social Development Studies Center (Sodec) UGM yang membekali peserta dengan pengetahuan tentang penguatan pelembagaan Bumdes.

Pada kegiatan tersebut, peserta Bimtek Bumdes belajar tentang program pemberdayaan masyarakat berbasis pertanian terpadu, Desa Wisata Budaya Gamol; model peternakan kambing Etawa, Rumah Anggrek, dan rumah jamu Desa Argomulyo; dan juga melihat model Jaminan Pangan Masyarakat (Japangmas), sebagai salah satu bentuk solusi untuk mengatasi persoalan tengkulak gabah yang menindas.

Penanaman pohon serapan air oleh Iman Sudirman

Camat Marangkayu, Rekson Simanjuntak S.Sos M.Si. memberikan apresiasinya kepada PHKT yang telah menfasilitasi Bimtek Bumdes ini.  “Terima kasih kepada management PHKT, yang sudah memfasilitasi pengelola Bumdes untuk melakukan Bimtek di Klaten dan Yogyakarta, sehingga kami mempunyai referensi bagaimana pengelolaan Bumdes yang sudah maju.” ujar Rekson.

Selain itu, Kades Semangko Ansar Kaseng menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kapasitas SDM Bumdes. “Pelaksanaan kegiatan ini meningkatkan kapasitas SDM Bumdes khususnya di ring 1 PHKT Santan Terminal. Ilmu yang kami dapatkan semoga dapat diimplementasikan di desa kami sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju desa mandiri dan berkepribadian,” tambah Ansar.

Sementara itu, Senior Manager Relations Pertamina Subholding Upstream Regional 3 Kalimantan, Farah Dewi berharap bahwa kegiatan Bimtek Bumdes ini berguna dalam mentransfer ilmu pengetahuan sehingga para peserta mampu merancang desain strategi pengembangan Bumdes untuk desanya.

“Kami berharap bahwa kapasitas peserta meningkat sehingga mampu menyusun arah pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, pengelolaan Sumber Daya Alam desa yang diolah menjadi daya tarik eduwisata dengan gambaran strategi pengembangan Bumdes berdasarkan kajian pemetaan sosial,” harap Farah Dewi.

PHKT dan anak perusahaan Pertamina lainnya di Regional 3 Kalimantan terus berkomitmen mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program CSR serta kemitraan yang aktif dalam memenuhi harapan masyarakat dan pemangku kepentingan di sekitar daerah operasi Perusahaan.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini