PHM Bina Warga Sekitar TPA Manggar, Manfaatkan Sampah TPA Jadi Gas untuk Kelola Produk UKM

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Sampah yang dibuang warga ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA)  Manggar, Balikpapan Timur bisa menghasilkan gas metana (CH4) untuk dimanfaatkan warga sekitar dalam mengelola produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Gas metana di Kampung Energi Wasteco TPA Manggar ini dikelola oleh Pengelola Gas Methane (PGM) dibawah binaan Program Waste to Energy For Community (Pro Wasteco) PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) diresmikan oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud September 2021 lalu.

“Alhamdulillah melalui proses dan panduan yang benar gas metana dapat mengalir ke rumah-rumah warga sekitar TPA Manggar dan target kami tahun 2022 ini ada 300 sambungan ke rumah warga sekitar TPA Manggar dan saat ini sudah tersambung ke 277 rumah,” kata Head Communications Relation & CID PHM, Frans Alexander A Hukom, kepada media ini, pada Jumat (22/7/2022).

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) TPA Manggar, Haryanto mengatakan, gas metana ini banyak dimanfaatkan warga untuk mengelola produk UKM sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. “Sebelumnya ada wacana gas metana ini dikemas menjadi tabung gas bersubsidi untuk didistribusikan kepada masyarakat. Tapi kami masih koordinasikan kepada PHM karena teknisnya mereka lebih tau,” kata Haryanto.

Tempat Pemrosesan Akhir (TPA)  Manggar, Balikpapan Timur yang bisa menghasilkan gas metana

Hal senada diungkapkan Suyono, Pengelola Gas Metana (PGM) TPA Manggar binaan PHM, ia mengatakan, pengelolaan gas metana ini dilakukan 4 orang teknisi yang digaji setiap bulan dari iuran warga sekitar yang memanfaatkan gas metana. “Alhamdulillah, masyarakat sekitar tidak merasa terganggu dengan keberadaan TPA Manggar. Tapi justru senang karena bisa memanfaatkan gas metana untuk memasak dengan hanya membayar iuran Rp 10 ribu perbulan untuk membayar teknisi yang melakukan pemeliharaan jaringan gas metana sekitar Rp 1,5 juta,” akunya.

Ia menambahkan, adanya gas metana ini sangat membantu masyarakat sekitar sehingga tak perlu lagi membeli tabung gas elpiji untuk memasak.(sb-02)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *