by

PHM Gelar Pelatihan Jurnalistik, Pramono : Setiap Peliputan Harus Ada Perencanaan

-Uncategorized-9 views

Balikpapan – Redaktur Majalah Tempo Stevanus Pramono berbagi ilmu jurnalistik dengan rekan-rekan media Balikpapan, di Blue Sky Hotel, Sabtu (3/11/2018).
Acara yang digelar Pertamina Hulu Mahakam (PHM) ini, Stevanus Pramono membagikan ilmu tentang peliputan mendalam (In depth) serta investigasi di era digital . 
Pramono memaparkan sejumlah trik melakukan liputan mendalam yang terbilang sulit itu.
Menurutnya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam setiap melakukan liputan mendalam.
“Misalnya saja, seorang penulis atau jurnalis harus memiliki ketelitian yang tinggi dan kecermatan, selain itu harus paham latar belakang masalah atau menguasai permasalahan,” tandasnya.
Menurutnya, laporannya juga harus ditulis dengan cara yang mudah dipahami. Lugas, terstruktur, serta enak dibaca. Dalam in depth reporting juga harus menjelaskan keterkaitan dan perkembangan dari kisah yang sesungguhnya terjadi.
Pramono menambahkan, sebelum melakukan in depth reporting harus ada perencanaan sebelum liputan.
“Biasanya, in depth reporting juga tak dilakukan seorang diri, untuk hal-hal yang rumit, melainkan melibatkan sejumlah orang atau jurnalis. Biasanya ada tim,” katanga.
Pemaparan harus berupa fakta, bukan opini. Satu hal yang penting lagi dalam in depth reporting yakni liputan yang memberikan kontribusi pada pemahaman sebuah kisah.
“Secara umum in depth reporting adalah liputan yang mendapatkan kelengkapan pengisahan, dan juga pengisahan dengan substansi. Dan kadang in depth reporting kerap disebut dengan investigative reporting,” tandasnya.
Selama dua jam pramono memaparkan mengenai in depth reporting. Hal ini mendapat tanggapan positif dari para peserta.
Berbagai pertanyaan diajukan peserta. Dan semua dijawab dengan tegas dan lugas oleh pramono. Dan semua penjelasan-penjelasan dari pramono, dapat memuaskan para peserta khususnya tentang in depth reporting. (sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *