DISKOMINFO KALTIM

Pj Gubernur Ajak IWAPI Kembangkan Usaha Green House

23
×

Pj Gubernur Ajak IWAPI Kembangkan Usaha Green House

Share this article
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik berfoto bersama Pengurus IWAPI Kaltim

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik mengajak organisasi masyarakat yang ada di Kaltim, seperti Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Kaltim untuk mengembangkan usaha green house, sebagai upaya membantu pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan di daerah.

“Kita harus perkuat ketahanan pangan dengan ragam inovasi yang variatif. Inovasi holtikultura serta memudahkan cara bertanam lebih modern, baik jenis buah-buahan maupun sayuran,” jelas Akmal Malik saat menerima pengurus IWAPI Provinsi Kaltim, didampingi Kepala Disperindagkop dan UMK Kaltim Heni Purwaningsi, di VVIP Room Rumah Jabatan Gubernur Kaltim, Selasa (21/11/2023).

Akmal memaparkan pembangunan green house tidak terlalu sulit dengan menggunakan rangka berbahan bambu ataupun rangka baja ringan. Namun tahap awal bisa dilakukan dengan rangka bambu dan terpenting tersedia lahannya. “Saya kira pengembangan green house ini bisa berhasil dan bisa menjadi contoh bagi masyarakat. Karena dibangun menggunakan rangka berbahan bambu dengan tanaman jenis sayuran maupun buah-buahan,” paparnya.

Hasilnya nanti lanjutnya, bermanfaat untuk ketahanan pangan keluarga maupun masyarakat, serta dapat meningkatkan perekonomian anggota. Terlebih anggota IWAPI mencapai ribuan orang, Akmal menantang organisasi ini memanfaatkan lahan kosongnya untuk pengembangan green house.

“Kita tahu, anggota IWAPI mayoritas berkiprah dalam UMKM. Dari pengalaman itu, kita harapkan juga bisa melakukan pengembangan pertanian modern ataupun green house. Ayo, pasti ibu-ibu bisa,” ajak Akmal Malik.

Ketua IWAPI Kaltim Ernawaty Gafar menjelaskan audiensi selain menjalin silturahmi juga menyampaikan beberapa program IWAPI Kaltim kedepan. “Terimakasih Pak Pj Gubernur Kaltim bisa menerima kami,” ucapnya.

Dia pun berterimakasih atas dukungan dan perhatian Pemprov Kaltim dalam mengembangkan program organisasi, termasuk masukan untuk pengembangan green house. “Masukan Bapak Akmal dalam pengembangan green house, tentu menjadi peluang usaha kami, selain UMKM. Dan dalam waktu dekat kami mempersiapkan lahannya,” imbuhnya.(adv/sb-01/diskominfokaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *