DISKOMINFO KALTIM

Pj Gubernur Hadiri COP 28 di Dubai

21
×

Pj Gubernur Hadiri COP 28 di Dubai

Share this article
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menghadiri side event Indonesia Pavilion pada COP 28 UNFCCC yang digelar KLHK di Dubai Expo City, UEA, Sabtu (9/12/2023).

DUBAI,suarabalikpapan.com-Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mengawali lawatannya di Dubai Uni Emirat Arab, dengan menghadiri side event Indonesia Pavilion pada  Conference of Participant (COP) 28 United Nations Framework on Climate Change Conference (UNFCCC) yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Dubai Expo City, UEA,  Sabtu (9/12/2023).  Kedatangan Pj Akmal yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kaltim, EA Rizal Rafiddin, disambut Direktur Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional, Dirjen PPI KLHK Wahyu Marjaka.

Pj Gubernur mengatakan, beberapa hal yang perlu segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dari hasil keikutsertaan dalam Indonesia Pavilion COP 28 UNFCCC, yaitu menyusun peraturan daerah terkait perdagangan karbon di Provinsi Kalimantan Timur sebagai turunan dari Perpres No. 98 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon untuk pencapaian Target Konstribusi yang ditetapkan secara nasional dan Pengendalian Emisi GRK dalam pembangunan nasional.
“Selain itu, mengacu pada Peraturan Menteri LHK No. 21 Tahun 2022 tentang Tata Laksana Penerapan Nilai Ekonomi Karbon,” kata Akmal.
Hal itu penting, menurutnya, mengingat Kaltim merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang berhasil mendapat kompensasi carbon fund dari World Bank melalui melalui Fasilitas Kemitraan Karbon Hutan atau Forest Carbon Partnership Facility Carbon Fund (FCPF-CF). Konferensi para pihak konvensi kerangka kerja PBB tentang perubahan iklim COP 28 UNFCC ini digelar di Dubai Expo,mulai tanggal 30 November-12 Desember 2023 mendatang.
Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP) diselenggarakan tiap tahun. COP merupakan satu-satunya konferensi di dunia yang membahas tentang perubahan iklim dengan keanggotaan hampir meliputi seluruh negara di dunia. Mengutip situs UNFCCC, diperkirakan lebih dari 70 ribu delegasi akan menghadiri COP 28, termasuk negara-negara anggota, Kemudian ada pula para pebisnis, ilmuwan, masyarakat adat, jurnalis, dan para ahli, juga para pihak terkait.(adv/sb-01/diskominfokaltim)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *