DISKOMINFO KALTIM

Pj Gubernur Kaltim Pastikan Stok Pangan Aman Hingga Februari 2024

33
×

Pj Gubernur Kaltim Pastikan Stok Pangan Aman Hingga Februari 2024

Share this article
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik saat memberikan penjelasan kepada awak media

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Dr Akmal Malik memastikan stok beras aman. Menyikapi kondisi kenaikan harga beras di pasaran ia telah mengecek langsung ketersediaan stok beras di Gudang Perum Bulog Samarinda, Sabtu (28/10/2023) siang.

“Alhamdulillah setelah kita cek di lapangan, kita lihat sendiri kan tadi, stok beras kita aman sampai Februari 2024. Jadia masyarakat tidak perlu kuatir,” ungkap Akmal Malik.
Akmal Malik menjamin meski terjadi kenaikan harga beras akibat penurunan produksi karena musim kemarau, peningkatan harga tersebut tidak akan terlalu besar. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) bersama dengan lembaga terkait akan campur tangan di pasar dan memastikan pasokan beras tersedia di pasaran.
“Jadi kita pastikan tidak ada kelangkaan. Itu akan menekan harga. Kita intervensi distribusinya ke kontributor dan mitra-mitra Bulog. Pastikan stok aman sampai di masyarakat,” katanya.
Saat ini, stok beras di Kaltim sebanyak 1.500 ton. Jumlah itu dipastikan cukup hingga Februari 2024. Selain beras, Akmal juga menyebut stok gula dan daging beku tersedia cukup aman menjelang Hari Besar Keagaamaan Nasional (HBKN). Lebih lanjut, Dirjen Otda Kemendagri ini juga sempat melakukan monitoring harga pangan pokok di Pasar Segiri Samarinda.
Ia mengakui, beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan. “Terutama cabai yaa. Karena memang kita masih ketergantungan dengan daerah lain seperti Jawa dan Sulawesi. Makanya saya dorong untuk pengembangan sentra pangan kita,” tegasnya.
Pemprov Kaltim saat ini memang tengah fokus mengembangkan sentra pangan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk mewujudkan kemandirian pangan daerah. Turut hadir dalam giat tersebut, Sekda Kaltim Sri Wahyuni, Asisten II Ujang Rachmad, Deputi Kepala Perwakilan BI Kaltim Hendik Sudaryanto, Kepala Cabang Perum Bulog Samarinda, Maradona Singal, Kepala BPS Kaltim Yusniar Juliana, serta jajaran pejabat Pemprov Kaltim.(adv/sb-02/diskominfokaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *