DISKOMINFO KALTIM

Program Harus Ada Outcome dan Impact

28
×

Program Harus Ada Outcome dan Impact

Share this article
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik berharap program-program yang dilaksanakan tidak hanya sampai pada tataran output atau input saja, tetapi harus ada outcome dan impactnya. “Kedepan, program-program yang dilaksanakan harus ada outcome dan impactnya,” kata Akmal Malik saat serah terima 21 mahasiswa Kaltim yang telah mengikuti Pendidikan Kader Ulama (PKU) Unida Gontor di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Kaltim, Senin (27/11/2023).

Menurut Dirjen Otda Kemendagri itu, 21 mahasiswa Kaltim yang telah mengikuti program PKU di Uniba Gontor melalui Program Beasiswa Kaltim Tuntas adalah output, dan setelah itu mereka akan turun ke lapangan. Bagaimana outcomenya terhadap masyarakat. Untuk melihat hasil dan mengetahuinya, maka itu harus dinilai dan dikawal. Akmal mencontohkan bagaimana sering kali masyarakat terjebak seperti dalam pemilihan kepala desa. Dimana setelah kepala desa terpilih, dibiarkan begitu saja, tanpa dipahami mau apa, ada atau tidak programnya untuk masyarakatnya.
“Padahal kita memilih itu adalah amanah, seperti sekarang ini, kita memilih mahasiswa Kaltim untuk mengikuti program PKU, dan setelah selesai kita harus kawal dan jangan dibiarkan kader ulama itu sendiri dilapangan, dan harus dipantau dan diawasi,  persoalan apa saja yang mereka dihadapi dilapangan,”tandasnya.
Selain memantau para keder ulama yang akan bertugas, Akmal Malik meminta dilakukan evaluasi setiap tahun untuk perbaikan dari waktu ke waktu. “Kami mengajak MUI, juga ormas Islam agar jangan kita lepas kader-kader ulama begitu saja di lapangan, tetapi dikawal  terus,” harapnya.(adv/sb-01/diskominfokaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *