Nasional

Puluhan Pelajar SMA Ikut Pelatihan Jurnalistik Sekaligus Belajar Menghindari Berita Hoax

108
×

Puluhan Pelajar SMA Ikut Pelatihan Jurnalistik Sekaligus Belajar Menghindari Berita Hoax

Share this article
Puluhan siswa SMA di Paser serius mengikuti pelatihan jurnalistik sekaligus belajar menghindari berita hoax

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Puluhan siswa SMA 1 Tana Paser, SMK 1 Tanah Grogot, dan SMA 1 Batu Sopang mengikuti pelatihan jurnalistik sekaligus bijak bermedia sosial, pada 20 dan 21 Maret 2024. Kegiatan yang digelar PWI Paser ini mendapat dukungan dari PT Kideco Jaya Agung.

Ketua Panitia Pelaksana Tontong Bakti Sihombing mengatakan, para siswa antusias mengikuti kegiatan ini. 
“Program ini adalah wujud pengabdian wartawan ke masyarakat. Dunia jurnalistik perlu diketahui oleh pelajar sejak dini, agar saat di masyarakat nanti mereka bisa memahami apa itu produk jurnalistik yang baik dan benar,” kata Bakti panggilan akrab Tontong Bakti Sihombing Jumat(22/3/2024).
Produk jurnalistik yang bertebaran di media sosial saat ini lanjut Bakti, perlu diketahui siswa  sehingga mereka memahami produk media sosial terutama berita hoax dan benar-benar karya jurnalistik.
“Di tengah gempuran teknologi digital saat ini, informasi begitu cepat sehingga perlu pemahaman bagaimana memilahnya. Termasuk bagaimana bijak dan memahami manfaat media sosial dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.
Sementara itu, Regional External Relations Asst. Manager PT Kideco Jaya Agung, Isro Ayyubi Rambe berharap kegiatan ini memberikan manfaat positif bagi para siswa yang mengikuti pelatihan. “Kita harus belajar bagaimana menyampaikan informasi yang baik dan menghindari hoax. Ini jadi wawasan baru buat pelajar tentunya,” kata Isro usai menghadiri kegiatan.
Hal senada diungkapkan Corporate Communications Manager PT Kideco Jaya Agung Marisa Andayani, ia menilai pelatihan jurnalistik ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Sementara itu,  Corporate Communications Asst. Manager PT Kideco Jaya Agung Galih Riyadi mengatakan, dalam bermedia sosial apabila memiliki keterampilan jurnalistik bisa menghasilkan cuan.
Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMA 1 Batu Sopang Almunawwir mengucapkan terima kasih kepada PWI Paser dan pihak Kideco Jaya Agung yang telah menggelar kegiatan ini. “Semoga kedepan kegiatan pelatihan jurnalistik ini bisa berkesinambungan,”harap Almunawwir (sb-06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *