by

Raperda Baca Tulis dan Hafal Alquran Ditargetkan Rampung Desember

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Panitia khusus (Pansus) III DPRD Paser mengaku raperda tentang baca tulis dan menghafal alquran segera rampung tinggal pembahasan intern, kemudian diparipurnakan Desember nanti.

Demikian diungkapkan Anggota Pansus III DPRD Paser, Ikhwan Antasari, menurutnya raperda ini akan digodok menjadi perda guna membentuk karakter siswa sehingga bisa baca tulis alquran sejak dini. Selain itu, tidak hanya digembleng ilmu pendidikan sekolah saja, tapi harus selaras dengan akhlak yang baik. Setelah disahkan menjadi perda, bakal menyasar pendidikan formal dan non formal. “Kalau formal ini akan masuk di eskul SD dan SMP,” kata Ikhwan Antasari, kepada media ini, pada Selasa (23/11/2021).

Ikhwan melanjutkan, sedangkan pendidikan non formal bakal menyasar TKA – TPA. Alasan raperda ini sebagai salah satu wujud mendukung kesejahteraan guru ngaji. “Jadi ini semacam perhatian kepada tenaga-tenaga pengajar non formal. Yang jelas masalah kesejahteraan guru ngaji ini sebelum-sebelumnya sudah diberikan. Hanya saja tidak ada payung hukumnya,” jelasnya.

Tenaga pengajar non formal yang berhak menerima insentif ini, kata Ikhwan berdasarkan rekomendasi Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPM) sehingga administrasi pendataan tertata dengan baik. “Ini juga sejalan dengan visi – misi bupati bagaimana meningkatkan kesejahteraan guru ngaji,” paparnya.

Namun untuk besaran nominal insentif yang diberikan tak diatur dalam raperda. Nantinya setelah jadi perda, Pemerintah Kabupaten Paser membuat turunan Peraturan Bupati . “Berapa besaran diserahkan kepada pemerintah. Kami juga telah melakukan pembahasan dengan MUI dan NU, mereka sangat setuju berapapun nilainya yang diberikan. Karena ini semacam perhatian pemerintah,”pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini