Provinsi Kaltim

Rp10 Miliar untuk Pembangunan Fisik Gedung Baru Perpustakaan Paser

102
×

Rp10 Miliar untuk Pembangunan Fisik Gedung Baru Perpustakaan Paser

Share this article
Pemkab Paser akan membangun perpustakaan baru

TANA PASER,suarabalikpapan.com–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser tahun ini mendapatkan bantuan bangunan gedung dan sarana layanan perpustakaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui dana alokasi khusus bidang pendidikan sebesar Rp20 miliar.

Peruntukannya untuk fisik perpustakaan Rp10 miliar dan untuk perabot, peralatan TIK, dan buku perpustakaan Rp10 miliar.
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  (Diskarpus) Kabupaten Paser, Yusuf Sumako menyampaikan, bangunan gedung layanan perpustakaan ini bakal dibangun diatas lahan ex gedung Perempuan Berjaya dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Paser.
“Tahun ini Kabupaten Paser dapat bantuan bangunan gedung layanan perpustakaan sebesar Rp. 10 miliar lebih,” kata Yusuf Sumako, Kamis (13/7/2023).
Bangunan dengan taraf nasional ini dibangun dua lantai dengan ukuran bangunan seluas 1600 meter persegi. Gedung ini merupakan gedung perpustakaan khusus untuk pelayanan yang pertama dimiliki Kabupaten Paser.
“Pertama di Kabupaten Paser untuk mempunyai gedung perpustakaan sendiri khusus untuk pelayanan,” ucapnya.
Selain perpustakaan, gedung ini memiliki gedung teater yang multi fungsi untuk latihan drama, tari, latihan film, dan lainnya. Namun, tidak terbangun aula yang serbaguna untuk multi-event, seperti acara pernikahan, konser musik, dan acara lainnya. Semoga tahun depan aula ini bisa terbangun. Hal ini merupakan upaya Pemkab Paser untuk mengangkat martabat masyarakat dan kemandirian individu sebagai modal utama untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik.
“Jadi perpustakaan betul-betul bertransformasi sebagai inklusi sosial,” pungkasnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *