by

Safari Gemarikan, Komisi IV DPR RI dan KKP Salurkan Ratusan Paket Produk Olahan Ikan di Balikpapan

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com– Untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menggelar Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), di  Aula Kantor Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan, Jalan Marsma Iswahyudi, pada Sabtu (10/4/2021) siang.

Safari Gemarikan ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Machmud SPI M,Sc, Aldi R Tasa Tenaga Ahli Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI G Budisatrio Djiwandono, Kepala DP3  Kota Balikpapan Heria Prisni, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle, Sekretaris DKP Provinsi Kaltim Irhan Hukmaidy, Camat Balikpapan Selatan Muhammad Idris,  dan para undangan.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, KKP, Machmud SPI, MSc mengatakan, kegiatan Gemarikan ini telah dilakukan sejak 2004 lalu di 220 lokasi di Indonesia termasuk di Balikpapan bekerjasama dengan Komisi IV DPR-RI.

“Mudah-mudahan tahun depan kita bisa melaksanakan lagi Gemarikan di Balikpapan sehingga semakin banyak yang menerima manfaat dari kegiatan ini. Kita tidak hanya memberi ikan tetapi juga membeli ikan dari pelaku UKM di Balikpapan guna memperbaiki roda perekonomian masyarakat Balikpapan,” kata Machmud.

Menurutnya, ikan memiliki asupan gizi cukup baik, kaya protein serta omega 3 yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat guna mencegah penularan Covid-19 dan stunting.

Aldi R Tasa Tenaga Ahli Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI G Budisatrio Djiwandono berfoto bersama para pejabat dan undangan yang hadir usai Safari Gemarikan

Sementara itu, Aldi R Tasa Tenaga Ahli Wakil Komisi IV DPR RI G Budisatrio Djiwandono mengatakan, pada tahun 2020 lalu pihaknya telah membagikan 500 paket olahan ikan kepada masyarakat yang berasal dari pelaku UMKM di Kota Balikpapan.

“Semoga bermanfaat karena ikan memiliki asupan gizi yang baik serta kaya protein dan omega 3 yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh,” ujar Aldi.

Selain itu, kata Aldi, pihaknya juga telah menyalurkan 28 ribu benih ikan lele untuk kolam yang dikelola Yayasan Ponpes Syachona Kholil Balikpapan.

“Semoga bantuan kami dapat menggairahkan masyarakat Balikpapan dalam mengkonsumsi ikan melalui program Gemarikan ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala DP3 Kota Balikpapan, Heria Prisni menyambut baik kegiatan Gemarikan ini dalam rangka membantu penanganan stunting, penyerapan produk UKM, pembudidaya, nelayan serta penanggulangan Covid-19 di Kota Balikpapan.

Heria mengaku, pihaknya mendapat bantuan 500 paket olahan produk ikan dari pelaku UMKM di Balikpapan yang nantinya disalurkan pada 34 kelurahan di Balikpapan

“Semoga kegiatan Safari Gemarikan ini terus berlanjut. Untuk itu, Kami mengucapkan terima kasih kepada Komisi IV DPR RI dan KKP yang telah memberikan bantuan produk ikan olahan ini untuk masyarakat Balikpapan,” pungkasnya.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini