Kota Samarinda

Samarinda Terima BOKB Rp7,5 Miliar, Bantu Penurunan Angka Stunting

36
×

Samarinda Terima BOKB Rp7,5 Miliar, Bantu Penurunan Angka Stunting

Share this article
Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso berfoto bersama usai menerima secara simbolis dana BOKB sebesar Rp7,5 miliar dari BKKBN RI di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, pada Jum'at (9/3/2023).

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso mengaku angka stunting di Samarinda mengalami penurunan sesuai data dari Employee Purchase Program Evidence Based Medicine (EPP EBM) dari angka 10,7 menjadi 9,8 persen atau mengalami penurunan 0,9 persen. “Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali sebab sesuai data dari EPP EBM angka stunting di Kota Samarinda mengalami penurunan dari angka 10,7 menjadi  9,8 persen. Namun sayangnya hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) justru naik dari 21 menjadi 25 persen. Nah, tentunya akan kita dalami kenapa angka stunting di Kota Samarinda mengalami kenaikan menurut SSGI,” kata Rusmadi kepada awak media usai Rapat Kerja Daerah (Rakerda) membahas Pembangunan Kependudukan Keluarga Bangga Kencana di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, pada Jum’at (9/3/2023).

Menurut Rusmadi, pihaknya akan mengikuti arahan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo  untuk memaksimalkan tim pendamping keluarga stunting. “Yang jelas begini kita akan menjalankan arahan  dari Kepala BKKBN RI yakni melakukan pendampingan langsung kepada keluarga yang beresiko mengalami stunting,”ujar Rusmadi. Ia menyebutkan, pada tahun ini Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Samarinda mendapat dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) sebesar Rp7,5 miliar untuk memaksimalkan tim pendamping keluarga stunting di Kota Samarinda. Hal senada diungkapkan Kepala DPPKB kota Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat di Samarinda untuk bersama-sama membantu menekan angka stunting di Kota Tepian ini. “Mari kita laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya sesuai sasaran yang sudah menjadi target,” ujar I Gusti Ayu. Untuk itu, I Gusti Ayu mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja dengan semangat sehingga capaian serapan keuangan BOKB Kota Samarinda cukup tinggi berada diurutan ketiga se-Kaltim. “Kami berharap setelah dilakukan pendampingan secara berkala angka stunting di Kota Samarinda mengalami penurunan,” pungkasnya.(sb-02/adv/kominfo-smd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *