Provinsi Kaltim

Sekda Launching Sinopadik dan Jambore Inovasi Kalimantan 2023

37
×

Sekda Launching Sinopadik dan Jambore Inovasi Kalimantan 2023

Share this article
Sekda Sri Wahyuni menyampaikan sambutan Rapat Konsolidasi BPSDM se-Kalimantan, sekaligus melakukan launching Kegiatan Sinopadik dan JIK 2023, Ballroom Hotel Novotel, Balikpapan

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni menghadiri Rapat Konsolidasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) se-Kalimantan, sekaligus melakukan launching Kegiatan Sinopadik (Kompetisi Inovasi Pasca Diklat) dan Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) 2023, Ballroom Hotel Novotel, Balikpapan, baru-baru ini.

Kalimantan Timur menjadi tuan rumah Sinopadik 2023 yang dipusatkan di Kampus Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami BPSDM Provinsi Kaltim, sementara untuk kegiatan Jambore Inovasi Kalimantan 2023 dipusatkan di Samarinda Convention Hall, Komplek Gelora Kadrie Oening Sempaja Samarinda, pada 29-31 Agustus 2023 yang direncanakan akan dihadiri dan dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dan Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).
Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni mengatakan Pemprov Kaltim menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan Sinopadik dan JIK 2023, sebagai wadah berkumpulnya alumni pelatihan kepemimpinan pengawas (PKP) dan pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) dari berbagai kabupaten/kota dan provinsi di wilayah Kalimantan. Sekaligus akan menjadi wadah yang tepat untuk para inovator dari seluruh Kalimantan, dalam menunjukkan kemampuan mereka dalam menciptakan solusi-solusi inovatif dalam berbagai bidang.
“Kita berharap gelaran kegiatan ini nantinya dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta dan akan menjadi titik awal dari kolaborasi yang lebih luas antara seluruh pihak yang terlibat dalam bidang administrasi dan pengawasan. Karena kita semua memiliki tanggung jawab untuk memperkuat inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta memajukan Kalimantan dan Indonesia kedepan,” ujar Sri Wahyuni.
Sekda Sri Wahyuni mengungkapkan Sinopadik dan JIK 2023 merupakan hal yang baru dan ini terkait dengan keberlanjutan proyek perubahan atau proper. Karena saat ini Pemprov Kaltim sedang menginventarisasi proyek perubahan PKP dan PKA termasuk PKN II di Kaltim. Apakah proyek perubahan ini produktif? Atau apakah saat proper saja digunakan dan setelah itu tidak terpakai lagi.
“Ketika semua sudah terinventarisir, maka proper yang di buat nanti tidak lagi sama dengan yang terdahulu atau tidak terjadi pengulangan proper. Kita juga berharap proper itu yang menyelesaikan masalah sosial. Memang ini harusnya ada di level PKM II, tetapi bisa juga ada peserta PKA yang mengarah kesana. Proper yang di buat di bidang politik, sosial dan ekonomi. Ketiga sektor ini bisa diangkat untuk menyelesaikan masalah. Jangan sampai proper itu menyelesaikan masalah berhenti di perangkatnya saja, tetapi juga untuk menyelesaikan persoalan secara keseluruhan,” urai Sri Wahyuni.
Sebelumnya, Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KDOD LAN) Samarinda Dr Muhammad Aswad menjelaskan dalam presentasinya bahwa Sinopadik di wilayah Kalimantan telah vakum selama kurang lebih tiga tahun atau terakhir dilaksanakan pada 2019 lalu.
Dimana pada 2016 Kalimantan Utara sebagai tuan rumah, kemudian pada 2017 giliran Kalimantan Selatan, 2018 Kalimantan Barat dan gelaran terakhir sebelum pandemi Covid-19 2019 Kalimantan Tengah. “Peserta Sinopadik adalah ASN aktif di pemerintah daerah dan instansi vertikal yang ada di wilayah regional Kalimantan, serta merupakan alumni PKP dan PKA tahun 2020-2022,” jelasnya.
Dengan dilaunchingnya Sinopadik 2023 oleh Sekda Sri Wahyuni didampingi Kepala Puslatbang KDOD LAN Samarinda Dr Muhammad Aswad dan Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi, maka tahapan pelaksanaan Sinopadik telah dimulai sejak 12 April – 31 Mei untuk tahap pendaftaran peserta. Kemudian dilanjutkan pada 1-7 Juni tahap verifikasi dokumen, dilanjutkan dengan seleksi tahap I (8-15 Juni), seleksi tahap II (17 Juni-31 Juli), seleksi tahap III (final) pada 28 Agustus 2023. Dan pengumuman pemenang pada 30 Agustus 2023 pada rangkaian kegiatan Jambore Inovasi Kalimantan.
“Kaltim siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Sinopadik dan Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) 2023,” tegas Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi.
Tampak hadir Widyaiswara Ahli Madya Puslatbang KDOD LAN Dr Rahmat Suparman, perwakilan BPSDM Kaltara, Kalsel, Kalteng, Kalbar dan jajaran BPSDM Kaltim. (sb-02/adv/kominfo-kaltim)    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *