Provinsi Kaltim

Syafranuddin Ajak Tanamkan Minat Baca Sejak Dini

31
×

Syafranuddin Ajak Tanamkan Minat Baca Sejak Dini

Share this article
Kepala DPK Kaltim HM Syafranuddin

SAMARINDA,suarabalikpapan.com–Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim HM Syafranuddin mengatakan, pentingnya menumbuhkan minat membaca sejak dini kepada anak-anak. Dikatakannya, melalui buku, menjadi sarana bagi orangtua untuk memperkenalkan dan membiasakan anak-anak untuk mulai suka membaca. Selain itu, ruang komunikasi dalam keluarga juga mudah terjalin. Buku, kata HM Syafranuddin, adalah gudang banyak informasi yang dapat membuka wawasan dan pengetahuan seseorang dan mampu mencerdaskan generasi muda.

“Satu buku itu dapat merubah pola pikir anak,” ujarnya.
Khusus pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim, lanjut dia, telah menyediakan ribuan koleksi judul buku-buku yang berkaitan dengan anak. Termasuk penyediaan layanan, fasilitas, sarana dan prasarana penunjang di ruang layanan Anak yang ada di lantai 1, Gedung DPK Kaltim Jalan Ir H Juanda, Samarinda. Ia menyebutkan, terdapat  2.735 eksemplar dan 1.023 koleksi buku yang dapat dibaca anak dan orangtua. DPK Kaltim juga melayani peminjaman buku di ruang Layanan Anak ini.
“Di DPK Kaltim, buku anak telah tersortir secara selektif, hingga menghindari konten muatan dewasa,” katanya.
HM Syafranuddin menambahkan, berbagai upaya yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan minat baca dan literasi di Kaltim akan terus dilakukan hingga ke seluruh wilayah kabupaten/kota, bahkan hingga ke wilayah-wilayah perbatasan.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *