Kota Samarinda

Tekan Angka Stunting, Samarinda Canangkan Gerakan Penambahan Hari Buka Posyandu

30
×

Tekan Angka Stunting, Samarinda Canangkan Gerakan Penambahan Hari Buka Posyandu

Share this article
Pelaksanaan Gerakan Penambahan Hari Buka Pelayanan Posyandu di Samarinda

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Guna mendukung penurunan angka stunting, dilakukan Gerakan Penambahan Hari Buka Pelayanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) pada bulan Pemberian Vitamin A tahun 2023 serentak di Kota Samarinda, yang dipusatkan di Posyandu Menur A di Kompi C, RT 35 Kelurahan Sungai Keledang, Selasa (28/2/2023).

“Sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan dan instruksi Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI untuk melakukan penambahan buka hari Posyandu di Indonesia, yang mana di Samarinda ada 694 Posyandu buka serentak diluar dari jadwal rutin bulanan biasanya,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Samarinda, dr Irama Fitamina Madjid di sela-sela kegiatan.
Irama mengatakan, tujuan dari kegiatan itu sesuai prioritas pembangunan Indonesia dan pembangunan manusia yang diarahkan Presiden adalah menurunkan angka stunting, angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Indonesia, khususnya Samarinda. Dijelaskan Irama, keberadaan posyandu ini sangat berguna agar bagaimana pelayanan kesehatan ibu, bayi balita, hingga bina keluarga balita, dengan orientasi 3 prioritas nasional.
“Penambahan satu hari pelaksanaan kegiatan pelayanan, agar upaya penurunan stunting di 2024 yakni 14 persen dapat tercapai” tandasnya. Dimana posyandu buka pelayanan rutinnya sebulan sekali, dengan pembukaannya sebanyak 12 kali dalam setahun maka dengan gerakan ini ditambah satu hari, menjadi 13 kali dalam setahun.
Hal senada diungkapkan Asisten I Sekretariat Kota Samarinda melalui Kabag Hukum Eko Suprayetno, ia berharap warga dapat memanfaatkan Posyandu untuk memantau tumbuh kembang anak, memantau kesehatan ibu hamil/ibu nifas, remaja, usia produktif dan lansia agar kesehatan terdeteksi secara dini. “Mindset yang salah berkembang bahwa Posyandu hanya untuk menimbang berat badan saja, tetapi Posyandu bukan hanya pelayanan pada bayi dan balita saja juga mencakup pemeriksaan kesehatan dari bayi hingga untuk lansia,” pungkasnya.(sb-02/adv/kominfo-smd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *