Provinsi Kaltim

Tenaga Arsiparis di Kaltim Masih Kurang

23
×

Tenaga Arsiparis di Kaltim Masih Kurang

Share this article
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim Muhammad Syafranuddin

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Jumlah tenaga arsiparis di Kaltim masih kurang. Padahal, fungsi arsiparis memegang peranan penting dalam mengarsipkan dokumen penting pemerintahan.  Apalagi, Kaltim saat ini ditunjuk menjadi ibukota negara (IKN). Pengarsipan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pemilihan hingga pemilihan Kaltim menjadi IKN, mutlak diperlukan. Sebab, ini menjadi bagian dari sejarah perjalanan bangsa. Terkhusus lagi untuk generasi di Kaltim mendatang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim Muhammad Syafranuddin mengatakan, sekira 80 persen Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di provinsi ini tidak memiliki tenaga arsiparis.  Kehadiran arsiparis ini, dipandang Syafranuddin sangat penting. Sebab, mereka lah yang menyimpan dokumen penting. Baik dokumen OPD itu sendiri, maupun untuk keperluan provinsi. Berangkat dari hal ini, DPK Kaltim berinisiatif mengajak kerjasama sekolah menengah kejuruan (SMK). Dalam hal ini, DPK Kaltim akan ikut melatih pelajar SMK menjadi arsiparis.
Kemudian, mereka akan disebarkan ke OPD yang belum memiliki tenaga arsiparis. “Pengarsipan dokumen bagi pemerintah sangat penting. Apalagi ketika ada permasalahan yang berkaitan dengan hukum. Jika tidak ada arsip, maka bisa saja pemerintah Provinsi Kaltim bisa kalah menghadapi gugatan,” jelasnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *