Kota Balikpapan

Terlambat Bayar Tagihan Air Bersih, Pelanggan Siap-siap Didenda hingga Pemutusan Meteran

259
×

Terlambat Bayar Tagihan Air Bersih, Pelanggan Siap-siap Didenda hingga Pemutusan Meteran

Share this article
Kepala Sub Bagian Customer Service Perumda TMB Suryo Hadi Prabowo

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) meminta pelanggannya untuk bisa membayar rekening air bersih tepat waktu. Sebab sangat membantu PTMB dalam melakukan pengelolaan dan pendistribusian air bersih yang lancar kepada pelanggan. Kepala Sub Bagian Customer Service Perumda TMB Suryo Hadi Prabowo mengatakan, keterlambatan pembayaran tagihan rekening air oleh pelanggan tentu memiliki konsekuensi yakni akan dikenakan sanksi denda. “Sanksinya mulai dari denda hingga penyegelan air tanpa pemberitahuan. Tindakan ini akan dilakukan apabila pelanggan telah menunggak selama dua bulan,” ujarnya, Jumat (03/3/2023).

Proses sanksi PTMB terhadap pelanggan, katanya, tidak berhenti sampai di situ saja, apabila pelanggan belum membayar sampai tiga bulan tunggakan, pada bulan ke-4 setelah melewati tanggal 20, status dan meter air pelanggan akan diputus.
“Jika sudah seperti ini, tentu pelayanan air bersih kepada pelanggan terhenti. Yang dirugikan bukan hanya pelanggan, kami pun dirugikan karena kehilangan pendapatan dari pelanggan,” ungkapnya.
Ia menambahkan, proses kerja PTMB terhadap meter air pelanggan mengikuti regulasi Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 19 Tahun 2010 tentang Sistem Penyediaan Air Minum.
Hal itu menegaskan pemutusan tetap atau pencabutan air PDAM dapat dilakukan apabila pelanggan tidak menyelesaikan segala kewajibannya dalam jangka waktu dua bulan terhitung sejak tanggal dilakukan penyegelan.
“Artinya, PDAM sudah memberikan keringanan kepada pelanggan. Inilah harapan kami agar pelanggan dapat memahami pentingnya membayar air tepat waktu,” jelasnya.
Meski demikian, PTMB masih memberikan kesempatan kepada pelanggan yang merasa keberatan terhadap tagihannya. Pelanggan dapat langsung menyampaikan keberatannya ke kantor PDAM di bagian Customer Service. “Pelanggan yang bijak adalah pelanggan yang tepat waktu membayar rekening air. Kami berharap kesadaran tersebut menjadi kesadaran komunal pelanggan PDAM,” tegasnya.(sb-02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *