Provinsi Kaltim

Wagub Kaltim Lepas 289 Jemaah Haji Kukar

82
×

Wagub Kaltim Lepas 289 Jemaah Haji Kukar

Share this article
Wagub Hadi Mulyadi dan Kakanwil Kemenag Kaltim H Abdul Khaliq berfoto bersama di sela-sela pelepasan Calhaj asal Kukar di Embarkasi Haji Batakan Balikpapan

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Sebanyak 289 calon jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Kutai Kartanegara yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) ketiga menginap di Aula Jabal Rahmah Embarkasi Haji Balikpapan, pada Senin (29/05/2023).

Ratusan Calhaj Kukar ini dilakukan pelepasan oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi pukul 14.00 WITA. Wagub didampingi Kakanwil Kemenag Kaltim H. Abdul Khaliq, sejumlah pejabat Pemprov Kaltim dan Pemkot Balikpapan serta para undangan. Wagub Hadi Mulyadi dalam sambutanya berharap semoga ratusan Calhaj Kukar ini menjadi haji yang mabrur.
“Saya juga mengimbau kepada para jemaah haji untuk tidak henti-hentinya bersyukur kepada Allah SWT. Karena para jamaah sekalian yang terpilih menjadi tamu Allah termasuk orang orang pilihan,” kata Hadi. Oleh karena itu, kata Hadi, para Calhaj patut bersyukur bukan untuk berbangga bukan untuk riyak sebab ke tanah suci itu hakekatnya merupakan undangan Allah SWT dan Rasullullah SAW. Tidak semua orang mendapatkan kesempatan, yang belum dapat kesempatan bersabar insyaallah suatu saat nanti akan terwujud.
“Manfaatkan kesempatan ini dengan baik beribadah dengan penuh khusyuk, oleh karena itu saya imbau jangan berfikir ingin belanja oleh-oleh, sampaikan kepada anak dan cucunya jangan titip oleh oleh, titip doa. Yang di rumah mendoakan yang di Tanah Suci Makkah begitu juga sebaliknya dan yang di Tanah Suci mendoakan keluarga di rumah supaya bisa juga menunaikan ibadah haji. Ini sangat penting,” katanya.
“Dan saya titip juga juga agar masyarakat Kaltim sejahtera,  aman, dapat giliran haji lebih cepat. Oleh karena itu yang paling penting titip doa. Oleh karena itu urusan haji dan umroh minta sebanyak-banyaknya sesuai keridhoan Allah SWT,” ujarnya.
Sementara itu, Kakanwil Kemenag Kaltim, H. Abdul Khaliq mengatakan, Embarkasi Haji Balikpapan tahun ini akan memberangkatkan jemaah haji sebanyak5.708 orang, dengan jumlah petugas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) sebanyak 95 orang.
“Jumlah tersebut merupakan jemaah calon haji dari 4 Provinsi yakni Kaltim, Kaltara, Sulut dan Sulteng,” kata Abdul Khaliq kepada awak media pelepasan Calhaj kloter ketiga.
Dia menambahkan, jemaah calon haji dalam satu kloter sebanyak 289 orang  melalui Bandara Sultan Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. “Embarkasi Haji Balikpapan menerima jemaah calon haji sejak Kamis 25 Mei 2023. Menginap semalam di asrama, kemudian diberangkatkan,”pungkasnya.(sb-02/adv/kominfo-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *