DISPUTAKAR KALTIM

Wali Kota Ingatkan Pentingnya Arsip

19
×

Wali Kota Ingatkan Pentingnya Arsip

Share this article
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, mengingatkan pentingnya pengelolaan terhadap arsip daerah. Karena berkas tersebut menjadi alat bukti bagi pemerintah setempat. Maka Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertanggungjawab menjaga arsipnya masing-masing.

Untuk itu, Rahmad meminta perlunya penguatan koordinasi antar ASN dalam mengelola arsip di lingkungan perkantoran. Karena arsip dapat membantu siapa saja ketika ada permasalahan di kemudian hari. “Arsip ini penting dipahami atau ketahui. Karena, sebagai bahan atau dasar seseorang khususnya pemerintah ketika ada permasalahan di kemudian hari,” ujarnya, Senin (20/11/2023).

Menurut Rahmad, arsip menjadi penting karena sebagai kekuatan hukum bagi pemerintah. Khususnya dalam persoalan kepemilikan aset yang bersengketa di hadapan hukum. Maka pihak yang terlibat harus menyertakan bukti pendukung kepada pengadilan. Kekuatan arsip ini yang menjadi kunci pemerintah menjaga asetnya.

“Artinya dengan menjaga arsip maka ASN turut menjaga aset pemerintah. Kan sudah sering terjadi persoalan hukum terhadap aset-aset kita. Makanya perlu arsip yang tersedia saat diperlukan sebagai bukti hukum,” tuturnya lagi.

Rahmad berharap dukungan semua pihak dalam menjaga arsip daerah. Tidak hanya pada Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispustakar) yang menjadi koordinator pelaksana. Tapi juga di tingkat OPD yang menjadi pemilik arsip. (adv/sb-01/dpkkaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *