by

Wali Kota Rahmad Mas’ud Launching Jalur Angkot Baru

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com- Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud melaunching jalur baru angkutan kota (angkot) di Terminal Batu Ampar, Balikpapan Utara, pada Selasa (22/6/2021). Acara launching dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan Sudirman Djayaleksana, Forkopimda, SPTI, dan Organda Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud dalam sambutannya mengatakan, penyesuaian kembali rute jalur angkutan kota dilakukan atas beragam pertimbangan, salah satunya adalah karena hampir 20 tahun rute angkot belum berubah.

“Tentunya dengan launching ini paling tidak memudahkan masyarakat untuk bisa mendapatkan pelayanan angkutan kota dan ini juga membantu sopir angkutan kota yang memang dampaknya sekarang luar biasa,” kata Rahmad kepada awak media.

Rahmad Mas’ud menjelaskan, di era perkembangan zaman yang tidak bisa dihindarkan seperti saat ini, memang dibutuhkan inovasi agar sopir angkot tidak tersingkirkan. Sehingga dibutuhkan moda transportasi dengan melihat rute-rute baru yang tidak terjangkau angkutan kota.

“Inshaallah karena ini rute udah bisa masuk ke gang dari gang ini juga membantu pemerintah, khususnya daerah Ring-Road atau daerah Balikpapan Baru karena rute angkot jarang masuk di situ,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana mengatakan, bahwa rute baru angkutan kota ini direalisasikan dengan melalui kajian bersama dengan Organda dan SPTI.

Ia mengatakan, hal ini dilakukan mengingat pendapatan supir angkot sangat menurun akibat bersaing dengan mode transportasi modern lain.

“Kami merencanakan sudah cukup lama, karena masalah sosial kami tidak mau dengan adanya nanti transportasi baru modern yang lebih baik tapi angkot tersingkir,” katanya.

Sudirman berharap dengan adanya rute baru ini transportasi modern dan angkot bisa sama-sama eksis melayani penumpang. Dan juga nantinya akan dilakukan kerjasama dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) melalui Dirjen Darat, yaitu program buy the service dimana akan dilakukan peremajaan atau modernisasi transportasi angkutan kota.

“Akan dibantu secara penuh oleh Kementerian, nanti ada tiga pihak yang bekerjasama. Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat dalam hal ini Dirjen Darat dan pihak ketiga nanti sebagai pengelola,” akunya.

Jalur baru angkot yang dilaunching yaitu angkot nomor satu melayani rute Kampung Baru – Alam Baru – Perumnas – Jalan Soekarno Hatta – Jalan MT Haryono – BJ BJ dengan tarif Rp 6.500. Sedangkan, angkot nomor 4 melayani rute Terminal Batu Ampar – Jakan Pattimura – Kampung Timur – SMPN 6 – Sumber Rejo – Sungai Ampal – Mal Fantasi dengan tarif Rp 5.000.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini