Kota Balikpapan

Warga Graha Indah Antusias Ikut Sosialisasi Program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal

81
×

Warga Graha Indah Antusias Ikut Sosialisasi Program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal

Share this article
Warga Graha Indah yang mengikuti sosialisasi berfoto bersama jajaran manajemen PTMB

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) menggelar Sosialisasi Program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2), di Aula Kelurahan Graha Indah Balikpapan Utara, pada Kamis (27/7/2023).

Manager Pelayanan Air Limbah PTMB, H. Sungkowo mengatakan, dalam upaya meningkatkan pengelolaan air limbah, pihaknya melakukan inovasi program layanan lumpur tinja terjadwal di Kota Balikpapan khususnya bagi pelanggan PTMB. Menurutnya, lumpur tinja yang berasal dari tangki septik harus diolah, karena mengandung polutan-polutan yang berbahaya bagi lingkungan.  Pengolahan lumpur tinja ini mempunyai 2 tujuan, yaitu untuk menurunkan kandungan zat organic dari lumpur tinja dan untuk menurunkan bakteri-bakteri patogen (organisme penyebab penyakit).
“Program ini sudah kita gaungkan sejak tahun 2018 lalu, saat ini kami melakukan sosialisasi di Kelurahan Graha Indah Balikpapan Utara. Perlu di ketahui pelanggan layanan lumpur tinja terjadwal  di kota Balikpapan saat ini sudah mencapai 11.941 pelanggan,”ungkapnya.
Jadi sosialisasi ini sangat penting sekali karena merubah dari kebiasaan kurang baik menjadi lebih baik, kalau tidak disosialisasikan masyarakat tidak paham manfaatnya apa, yang mana, ini semua terkait kebersihan dan kesehatan masyarakat itu sendiri. Apabila WC dalam keadaan buntu/penuh dilarang menyiramkan bahan kimia kedalam WC seperti bensin, alkohol, minyak tanah, atau sejenisnya yang berakibat bakteri pengurai yang ada pada tangki septik akan mati.
“Sedangkan sistem pembayarannya kita beri kemudahan dan kita masukkan dan dijadikan satu dengan tagihan air minum  besaranya sekitar Rp9.500 per bulan, hitungannya itu kurun waktu 3-4 tahun dengan total Rp 465 ribu saja,”tambahnya.
Sementara itu, Kasi Trantib Kelurahan Graha Indah, Lodewyk Siwalette A.Md,  mengatakan terkait program pelayanan lumpur tinja yang d sosialisasikan di Kelurahan Graha Indah  oleh PTMB dan alhamdulillah semua RT antusias dalam menyambut program ini, dan nantinya akan disampaikan kepada warganya masing masing RT.
“Program ini sangat membantu masyarakat karena selain murah juga dapat dicicil melalui pembayaran rekening air. Kami berharap dengan adanya program L2T2 ini lingkungan masyarakat akan lebih bersih dan mengurangi pencemaran lingkungan,”pungkasnya.(sb-02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *