by

13 April Mulai Puasa, Jemaah Gembira Bisa Salat Tarawih di Masjid

BALIKPAPAN, suarabalikpapan-Setelah pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Sejumlah masjid di Balikpapan langsung menggelar salat tarawih. Para Jemaah mengaku gembira menyambut bulan suci Ramadan sebab pemerintah mengizinkan melakukan salat tarawih di masjid  di tengah pandemi Covid-19.

“Kami sangat bersyukur bisa melakukan salat tarawih di masjid,” kata Ningsih Jemaah Masjid Al Munawar Muara Rapak, kepada suarabalikpapan.com, Senin (12/4/2021) malam.

Menurutnya, ibadah salat tarawih tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena harus mematuhi protokol Kesehatan (prokes) seperti mengukur suhu, cuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak. “Kami berharap pandemi covid-19 segera berakhir,” harapnya.

Sebelumnya pemerintah menetapkan  1 Ramadan 1442 Hijriah awal ibadah puasa jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Penetapan 1 Ramadan 1442 Hijriah ini sesuai hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Senin (12/04/2021) sore. Rapat sidang isbat  dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion, bersepakat, dan kami menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada 13 April 2021 atau bertepatan dengan hari Selasa,” kata Menag Yaqut.

Kemenag mengatakan bahwa penetapan 1 Ramadan ini dilakukan berdasarkan perhitungan hisab dan pemantauan hilal. Adapun pemantauan hilal dilakukan di 88 pos pengamatan di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

Ia menjelaskan bahwa dalam pengamatan hilal ini, ada 13 orang yang menyatakan bahwa hilal sudah terlihat.

“Kami mendapatkan 13 orang yang di bawah sumpah menyaksikan bahwa hilal sudah dilihat,” katanya. Dengan penetapan ini, mulai Senin malam ini umat Islam di Indonesia sudah dapat melaksanakan salat tarawih.

“Di malam ini sudah bisa melakukan salat tarawih dan pagi kita makan sahur,” pungkas Menag Yaqut.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 views

Berita terkini