Kabupaten Paser

14 Puskesmas di Paser Siaga Libur Lebaran

21
×

14 Puskesmas di Paser Siaga Libur Lebaran

Share this article
Salah satu Puskesmas di Paser yang siaga selama libur Lebaran

TANA PASER,suarabalikpapan.com–Sebanyak 14 Puskesmas di Kabupaten Paser siap siaga selama libur lebaran tahun 2024 guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Dari 14 Puskesmas, 11 diantaranya berada di jalur poros Provinsi Kaltim-Kalsel antara lain Paser Belengkong, Suatang Baru, Muara Komam, Batu Kajang, Kuaro, Muser, Long Ikis, Long Kali, Sebakung, Suliliran Baru dan Tanjung Aru.
Kemudian dari 11 Puskesmas ini, 9 diantaranya puskesmas rawat inap yang tetap buka memberikan pelayanan.
Adapun tiga puskesmas yakni Puskesmas Tanah Grogot, Senaken, dan Padang Pangrapat, dilibatkan dalam posko terpadu di Plaza Kandilo.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser, Jon Jauhari mengatakan, hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan selama cuti nasional lebaran tahun ini.
“Puskesmas yang di jalan poros tetap siaga untuk pelayanan kesehatan,” kata Jon Jauhari di Tanah Grogot, Jumat (12/4/2024).
Jon mengatakan, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: HK.02.02/D/36190/2024 tentang kesiapsiagaan dini menghadapi libur Hari Raya Idulfitri.
Menindaklanjuti edaran tersebut, Dinkes Kabupaten Paser meminta kepada kelima Puskesmas untuk siap siaga dengan membentuk tim jaga.
Dikemukakan Jon, selama libur lebaran, Puskesmas layan inap diminta dapat mengoptimalkan tim jaga yang sudah terjadwal.
Khusus untuk Puskesmas Pasir Belengkong dan Suatang Baru, sebagai Puskesmas rawat jalan yang berada di jalan poros Provinsi diharapkan bentuk tim jaga dengan dua shift pagi dan sore.
Lebih lanjut ia mengatakan, untuk Puskesmas Tanah Grogot, Senaken, dan Padang Pangrapat telah membentuk tim jaga yang bertugas di Posko Pelayanan Terpadu di Plaza Kandil.
“Tim jaganya dibagi tiga shift. Yang bertugas ada dokter, perawat, dan pengemudi ambulan,” ucap Jon.(sb-06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *