by

402 Warga Binaan Rutan Tanah Grogot Diusulkan Dapat Remisi Hari Kemerdekaan

TANA PASIR,suarabalikpapan.com-Jelang HUT ke-76 RI, Rumah tahanan (Rutan) kelas IIB Tanah Grogot mengajukan 402 warga binaan (WB) untuk mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan.

Kepala Rutan Kelas IIB Tanah Grogot Doni Handriansyah mengatakan, remisi yang diajukan yaitu  1 hingga 3 bulan, dengan syarat minimal telah menjalani hukuman selama 6 bulan berkelakuan baik. Sedangkan untuk perkara tertentu banyak sekali batas-batasan seperti PP 99 yaitu perkara narkoba yang hukumannya diatas 5 tahun, perkara tipikor yang harus memiliki Justice Collaborator (JC) oleh penyidik dan harus melewati sepertiga masa tahanan terlebih dahulu.

“Itu bagi WB yang memiliki perkara khusus kalau yang perkara biasa cukup berkelakuan baik dan telah ditahan selama 6 bulan dan sudah berstatus sebagai narapidana,” katanya kepada media ini, Jumat (6/8/2021).

Doni mengatakan, remisi merupakan hak bagi WB tanpa dipungut biaya. Remisi telah melakukan secara transparan dengan menggunakan aplikasi sistem informasi terpadu.

“Jadi siapa saja WB yang diusulkan mendapat remisi akan di-update dan pihak keluarga WB dapat melihat informasi tersebut. Hal ini bertujuan dan mempersempit ruang bagi oknum yang memanfaatkan hal tersebut. Apa yang menjadi haknya akan kami prioritaskan dan tanpa dipungut biaya karena itu merupakan kewajiban dari kami untuk memberikan hak mereka,” ucapnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini